Marsekal Hadi: Pramuka dan TNI 'Satu Nafas' - RILIS.ID
Marsekal Hadi: Pramuka dan TNI 'Satu Nafas'

Senin | 19/02/2018 22.20 WIB
Marsekal Hadi: Pramuka dan TNI 'Satu Nafas'
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (kiri) salam komando bersama Ketua Kwarnas Pramuka Adhyaksa Dault (kanan). FOTO: Dokumen Pramuka

RILIS.ID, Jakarta – Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, menilai, Pramuka dan TNI memiliki kesamaan, seperti menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Pancasila. Bahkan, di dalam TNI terdapat Satuan Kerja (Saka) Pramuka.

"Di dalam kesatuan TNI, kita juga sudah punya Satuan Kerja Pramuka. Ini artinya, TNI dan Pramuka sudah satu nafas," ujarnya usai bertemu pengurus Kwarnas Gerakan Pramuka di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta, Senin (19/2/2018).

Di tiap matra TNI terdapat Saka. Misalnya, Saka Dirgantara di TNI Angkatan Udara (AU), Saka Bahari pada Angkatan Laut (AL), dan Saka Wirakartika di Angkatan Darat (AD).

Saka Pramuka di TNI, ungkap Hadi, terus berkolaborasi mengadakan kegiatan positif terkait bela negara. "Saya sendiri dulu pernah aktif di Pramuka sampai penegak," imbuhnya mengungkapkan.

Karenanya, mantan Kepala Staf TNI AU (KSAU) ini menyatakan, mendukung gerakan Pramuka. "Kita harus dukung dan perkuat perannya," tegasnya.

Pada kesempatan sama, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault, memaparkan kegiatan yang telah dilakukan pihaknya. Jambore Nasional, Raimuna Nasional, Lomba Tingkat V, dan Perkemahan Pramuka Putri Tingkat Nasional, di antaranya.

Eks Menteri Pemuda dan Olahraga itu pun menyinggung peran Pramuka di media sosial. Malah, membuat jargon "Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita", termasuk merumuskan dan menyosialisasikan 10 tugas Pramuka di medsos. Satu di antaranya, menjaga keutuhan NKRI.

"Membela dan mengamalkan Pancasila, NKRI, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, serta merawat harmoni dan solidaritas antarwarga di media sosial, adalah salah satu poin dalam 10 tugas Pramuka di media sosial yang wajib ditaati," terangnya dalam siaran pers yang diterima rilis.id.

Adhyaksa juga menyampaikan undangan kepada Hadi untuk menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kwarnas Pramuka di Bogor, Jawa Barat, Jumat, (23/2) mendatang. Diharapkan Hadi menghadirinya.


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID