Mahasiswa UGM Raih Juara Pidato di Singapura - RILIS.ID
Mahasiswa UGM Raih Juara Pidato di Singapura

Rabu | 31/05/2017 16.25 WIB
Mahasiswa UGM Raih Juara Pidato di Singapura
Wyncent Halim, Mahasiswa Fakultas Hukum UGM Yogyakarta. FOTO: ristekdikti

RILIS.ID, Jakarta— Wyncent Halim, Mahasiswa Fakultas Hukum UGM, memperoleh juara 3 dalam ajang Young Speakers Contents yang digelar oleh ASEAN University Network (AUN). Kegiatan diselenggarakan di National University of Singapore (NUS) pada 22-26 Mei 2017 lalu.

Wyncent mengatakan, tidak mudah untuk memperoleh gelar juara tersebut. Karena sebelumnya, ia perlu melalui beberapa proses seleksi yang ketat bersama peserta lainnya. Kemudian, dalam babak penyisihan setiap perserta diberi waktu 5-7 menit untuk berpidato.

“Dari 23 peserta dipilih 6 besar untuk maju ke babak final,” terangnya, dikutip melalui laman Ristekdikti, Rabu (31/5/201).

Diketahui, Kompetisi ini merupakan salah satu agenda dari The 17th AUN & 6th ASEAN+3 Educational Forum & Young Speakers’ Contest. Sebanyak 46 mahasiswa dari 23 universitas, terdiri dari negara anggota ASEAN, China, Jepang, serta Korea Selatan mengikuti acara yang mengambil tema “ASEAN+3 in An Era of Global Uncertainty: Responses and Optimism”. 

“Saya bersyukur terpilih sebagai juara tiga dalam kompetisi bergengsi ini,” ungkapnya.

Diketahui, UGM mengirimkan dua mahasiswa untuk terlibat dalam acara ini. Selain Wyncent Halim dari Fakultas Hukum, sebagai perwakilan dalam ajang Young Speakers’ Contest, ada juga Pralampita K. Mudifah (D3 Rekam Medis) dalam ajang Educational Forum.

Pralampita menjelaskan dalam kegiatan Educational Forum yang ia ikut. Ia harus bekerja sama dalam sebuah kelompok berdadarkan asal negara perserta untuk membahas tiga isu utama yaitu, keamanan, ekonomi dan lingkungan hidup.

“Setiap kelompok negara diminta mempresentasikan profil negara masing-masing dengan membahas isu itu. Hasil akhirnya berupa Youth Joint Statement yang diserahkan ke ASEAN Ministerial Meeting on Youth,” tuturnya. 


Tags
#mahasiswa
#ajang internasional
#singapura
#ugm yogyakarta
Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID