logo rilis
Kualitas Guru Meningkat dalam Empat Tahun Kepemimpinan Jokowi
Kontributor
Ning Triasih
26 November 2018, 13:45 WIB
Kualitas Guru Meningkat dalam Empat Tahun Kepemimpinan Jokowi
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supratman

RILIS.ID, Jakarta— Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), dalam empat tahun ini berhasil meningkatkan kualitas guru. Hal itu terwujud setelah pemerintah terus meningkatkan sejumlah program seperti sertifikasi profesi, pelatihan keahlian ganda dan memastikan tersedianya guru di daerah tertinggal, terdepan dan terluar.

Berdasarkan data melalui keterangan yang diterima dari Kantor Staf Kepresidenan, Senin (26/11/2018) seperti dikutip dari ANTARA, jumlah Sertifikasi Profesi Guru tercatat meningkat dari 1.642 juta orang di 2015, menjadi 1.726 juta orang pada 2017.

Selain itu, pemerintah juga memperhatikan kesejahteraan guru dengan mengeluarkan PP Nomor 19/2017 tentang Guru dan Permendikbud Nomor 15/2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru dengan sasaran Tunjangan profesi guru non-PNS sebanyak 210.269 orang, serta Tunjangan khusus guru non-PNS sebanyak 23.751 orang.

Kualitas guru sebagai "pahlawan tanpa tanda jasa" memang harus diperhatikan. Selain itu, seperti yang diungkapkan Jokowi dalam peringatan Hari Guru Nasional pada Minggu (25/11/20180 kemarin, guru merupakan pembangkit inspirasi.

"Selamat Hari Guru kepada seluruh guru dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Guru adalah pembangkit inspirasi," ucap Jokowi di Taman Wisata Alam Punti Kayu, Kota Palembang, Provinsi Selatan.

Selain itu, menurut Jokowi, guru juga telah memberikan bimbingan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

"Membimbing anak-anak kita, membimbing kita semua agar kita bisa meningkatkan kualitas sumber daya yang ada," imbuhnya.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID