logo rilis
Komisi VI DPR Bentuk Tim Pengawasan Anggaran Penanganan COVID-19
Kontributor
Nailin In Saroh
01 April 2020, 13:30 WIB
Komisi VI DPR Bentuk Tim Pengawasan Anggaran Penanganan COVID-19
Ilustrasi virus corona. ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi S.

RILIS.ID, Jakarta— Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza mengatakan pihaknya membentuk tim untuk memperkuat pengawasan realokasi anggaran terkait penanganan pandemi COVID-19. 

Tim ini juga melibatkan kementerian dan lembaga yang menjadi mitra Komisi VI DPR. Diantaranya, Kementerian BUMN, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan serta Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.

"Tim akan fokus pada pengawasan realokasi dan refocussing anggaran penanganan COVID-19, serta juga akan mengawasi regulasi dan deregulasi kementerian," ujar Faisol dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (1/4/2020).

Selain realokasi, pengawasannya juga terkait percepatan penanganan COVID-19 dan dampaknya terhadap sosial ekonomi masyarakat. Serta agenda langsung kementerian dalam penanganan COVID-19, korban dan penyebarannya. 

Tim pengawas tersebut, akan diisi minimal satu anggota Komisi VI DPR RI dari tiap-tiap fraksi dan diketuai oleh empat Wakil Ketua Komisi VI DPR RI.

"Masa kerja tim pengawas ini adalah sampai berakhirnya ketentuan pandemi yang ditetapkan pemerintah," jelas Politisi Partai Kebangkitan Bangsa itu. 

Faisol berharap tim tersebut busa menambah sinergi DPR-pemerintah sehingga penanganan pandemi juga akan dapat berjalan lebih efektif.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan akan mengucurkan dana senilai Rp405,1 triliun untuk penanganan COVID-19. Antara lain untuk kesehatan, keamanan sosial, insentif perpajakan, hingga kredit usaha rakyat.

"Total tambahan belanja dan pembiayaan APBN 2020 untuk penanganan COVID-19 sebesar Rp405,1 triliun," ujar Jokowi dalam konferensi pers secara virtual di Istana Bogor, Selasa ( 31/3). 

 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID