Komisi I DPR Desak Pemerintah Bentuk Dubes Khusus Palestina - RILIS.ID
Komisi I DPR Desak Pemerintah Bentuk Dubes Khusus Palestina

Jumat | 02/02/2018 21.18 WIB
Komisi I DPR Desak Pemerintah Bentuk Dubes Khusus Palestina

RILIS.ID, Jakarta – Anggota Komisi I DPR RI Sukamta, mengusulkan agar pemerintah menunjuk Duta Besar (Dubes) Indonesia khusus Palestina. Dubes tersebut, nanti akan membantu kemerdekaan Palestina.

“Penunjukan duta besar khusus untuk Palestina akan semakin menegaskan komitmen Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan Palestina," ujar Sukamta kepada rilis.id, Jakarta, Jumat (2/2/2018).

Pembentukan Dubes khusus itu, Sukamta berharap, akan membuat perjuangan untuk memerdekakan Palestina lebih fokus. Setidaknya, diplomasi yang dilakukan bisa maksimal terutama penggalangan dukungan dunia internasional.

Apalagi, lanjut sekretaris Fraksi PKS ini, dukungan itu juga tengah dilakukan Palestina agar negara-negara Eropa mengakui kemerdekaanya. 

"Hal ini juga sejalan dengan rencana Palestina yang sedang mengupayakan dukungan negara-negara Eropa” tandasnya.

menurut dia, selama ini Indonesia baru mempunyai Konsul Kehormatan di Ramallah. Namun, belum memiliki representasi langsung untuk berhubungan dengan Palestina. Pasalnya, setelah pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota Israel oleh Amerika Serikat (AS), Palestina semakin membutuhkan dukungan dari komunitas internasional.

“Dubes dari Indonesia ini dapat membantu upaya diplomasi dan lobi Palestina untuk menggalang dukungan dari berbagai stakeholder di dalam isu kemerdekaan Palestina," tandasnya.

Editor


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID