logo rilis
Kominfo: RI Siap Jadi Pusat Ekonomi Digital Asia Tenggara pada 2025
Kontributor

13 November 2020, 10:30 WIB
Kominfo: RI Siap Jadi Pusat Ekonomi Digital Asia Tenggara pada 2025
FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Plt. Kepala Biro Humas Setjen Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu, mengatakan, Indonesia memiliki peluang untuk mengembangkan diri dalam berbagai bidang mulai dari ekonomi hingga pendidikan di tengah sudah massifnya pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Teknologi ini memungkinkan terintegrasinya antara daerah tertinggal, terluar dan terdalam (3T).

Hal itu disampaikan Ferdinandus dalam diskusi webinar bertajuk Pemanfaatan TIK sebagai Media Edukasi dan Bisnis, Kamis (13/11/2020). Selain Ferdinandus, hadir juga pembicara dari anggota Komisi I DPR RI Hillary Brigitta Lasut, dan Pengamat Bisnis Internasional Sondang T. Pampubolon. 

"Teknologi sudah sangat mendukung dan kini dari gawai kita bisa berbisnis dan bisa berbagi," kata Ferdinandus.

Fernandus mengatakan, penetrasi internet di Indonesia sangat pesat. Dari 266 juta penduduk Indonesia sebanyak 196 juta jiwa terhubung dengan internet.

"Karena ini ujian sekaligus tantangan ketika Google menyebut Indonesia akan menjadi pusat ekonomi digital di Asia tenggara pada 2025," ujar Fernandus.

"Mereka memprediksi pada tahun itu ekonomi digital Indonesia tumbuh sampai USD150 Miliar atau setara dengan Rp2.040 triliun," sambungnya.

Sementara, Hillary dalam kesempatan itu mengatakan, teknologi informasi khususnya internet, sangat bermanfaat terutama di tengah pandemi Covid-19. Ketika masyarakat terbatas ruang gerak karena harus jaga jarak dan menghindari pertemuan, teknologi informasi dan komunikasi menjadi solusi.

"Teknologi informasi juga memudahkan dan menjadikan siapa saja termasuk yang berada di daerah 3T memiliki kesempatan yang sama untuk maju karena kendala jarak tidak menjadi masalah lagi," ujarnya.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)


2020 | WWW.RILIS.ID