logo rilis
Ketua MPR Minta Pelanggaran PSBB Ditindak Tegas
Kontributor
Nailin In Saroh
21 Mei 2020, 17:30 WIB
Ketua MPR Minta Pelanggaran PSBB Ditindak Tegas
Ketua MPR Bambang Soesatyo (tengah). FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Ketua MPR RI Bambang Soesatyo prihatin adanya pelanggaran pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di sejumlah kota akhir-akhir ini.  Padahal penerapan itu adalah upaya menyelamatkan masyarakat dari wabah COVID-19.

"PSBB adalah kebijakan sementara yang bertujuan melindungi masyarakat selama pandemi COVID-19. Namun, dalam praktiknya akhir-akhir ini, terjadi banyak pelanggaran atas ketentuan PSBB. Sehingga, tujuan penerapan PSBB bisa tidak maksimal," ujar Bamsoet di Jakarta, Kamis (21/5/20).

Mantan Ketua DPR RI ini mencontohkan, gambaran tentang pelanggaran PSBB nyata-nyata terjadi pada kerumunan calon penumpang di Bandara, serbuan warga ke pusat-pusat belanja seperti di pasar Tanah Abang, hingga kerumunan warga di sore hari jelang buka puasa. Tanpa masker dan berdesakan.

"Hal itu sangat berisiko di tengah pandemi COVID-19. Jika tidak dikendalikan, maka bisa menjadi awal dari gelombang kedua penularan COVID-19. Tentu saja semua kemungkinan buruk itu harus dicegah," tegas Bamsoet.

Mantan Ketua DPR ini berharap laju pertumbuhan penderita COVID-19 dapat segera menurun. Jika grafik penderita COVID-19 sudah menurun, semua pemerintah daerah yang menerapkan PSBB baru layak mempertimbangkan pelonggaran atas ketentuan PSBB.

"Namun, pelonggaran PSBB harus tetap berpijak pada protokol kesehatan Pandemi COVID-19. Seperti kewajiban jaga jarak, penggunaan masker dan cuci tangan. Siapa pun yang melanggar protokol kesehatan harus ditindak saat pelonggaran PSBB mulai diterapkan," pungkas Bamsoet. 

 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID