logo rilis
Kepala Daerah hingga ASN Dilarang Gelar Buka Puasa Bersama dan Open House Lebaran
Kontributor
RILIS.ID
05 Mei 2021, 21:38 WIB
Kepala Daerah hingga ASN Dilarang Gelar Buka Puasa Bersama dan Open House Lebaran
Mendagri Tito Karnavian. Foto: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian melarang kepala daerah, pejabat hingga Aparatur Sipil Negara (ASN) menggelar kegiatan buka puasa bersama dan open house Lebaran tahun ini.

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 800/2794/SJ tentang Pembatasan Kegiatan Buka Puasa Bersama pada Bulan Ramadhan dan Pelarangan Open House atau halalbihalal Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah, yang ditandatangani Mendagri pada 4 Mei.

"Para gubernur, bupati, dan wali kota di seluruh Indonesia agar mengambil langkah-langkah untuk melakukan pembatasan buka puasa bersama dan pelarangan open house pada saat maupun setelah Lebaran," kata Tito seperti dikutip Rilis.id dari laman Sekretariat Kabinet, Rabu (5/5/2021).

Dalam SE Mendagri, kepala daerah diperbolehkan menggelar buka puasa bersama asalkan jumlah pesertanya tidak melebihi dari jumlah keluarga inti dan ditambah lima orang.

"Menginstruksikan kepada seluruh pejabat atau ASN di daerah dilarang melakukan open house/halalbihalal dalam rangka Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah Tahun 2021,” demikian bunyi SE Mendagri.

Adapun SE ini dikeluarkan setelah mencermati terjadinya peningkatan kasus penularan Covid-19, khususnya pada Hari Raya Idulfitri 2020 dan libur Natal serta Tahun Baru 2021.

Para kepala daerah pun diminta untuk melakukan antisipasi pelaksanaan kegiatan selama bulan Ramadan serta menjelang maupun pasca Hari Raya Idulfitri.

Dengan terbitnya SE tersebut, maka SE Mendagri bernomor 450/2769/SJ dan 800/2784/SJ terkait hal serupa dicabut dan dinyatakan tidak berlaku. (*)

Editor: Segan Simanjuntak


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)


2020 | WWW.RILIS.ID