Kenaikan Dana Banpol Tak Menjamin Hasilkan Kader Partai Berkualitas - RILIS.ID
Kenaikan Dana Banpol Tak Menjamin Hasilkan Kader Partai Berkualitas

Sabtu | 09/09/2017 13.24 WIB
Kenaikan Dana Banpol Tak Menjamin Hasilkan Kader Partai Berkualitas
Ilustrasi dana bantuan partai politik. ILUSTRATOR: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Kupang—? Akademisi Universitas Widya Mandira (Unwira) Kupang, Michael Thomas Susu, menilai, kenaikan dana bantuan partai politik (banpol) tak menjamin menghasilkan kader-kader berkualitas dan tidak bermental korupsi.

Sebab, proses kaderisasi suatu partai tidak seperti pendidikan dan pelatihan (diklat) keterampilan yang sederhana.

"Kualitas kader sebagai outcome atau dampak yang tampak dalam jangka panjang. Apalagi, masih banyak varians lain juga menentukan kualitas kader parpol," ujarnya di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (9/9/2017).

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 5 Tahun 2009 tentang Bantuan Keuangan kepada Partai Politik diketahui telah diubah. Sehingga, dana banpol yang mulanya Rp108 menjadi Rp1.000/suara.

Meski demikian, Michael menyatakan, kebijakan tersebut penting dalam meningkatkan fungsi dan kinerja parpol sebagai pilar demokrasi.

Karenanya, dia meminta partai sebagai organisasi publik dalam pelaksanaan kegiatan kaderisasi dituntut akuntabel dan terbuka dalam proses penganggarannya.

"Tentu hal ini berguna bagi managemen parpol," jelas peraih gelar master dari Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung itu, menukil Antara.

Misalnya, bermanfaat bagi kader saat mengisi jabatan politik yang bersinergi dengan eksekutif dalam meningkatkan PAD maupun pengelolaannya," imbuh dia.


Tags
#Dana Banpol
#Partai Politik
Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID