Kemenhub Bakal Tingkatkan Kapasitas Pesawat Bertahap hingga 100 Persen - RILIS.ID
Kemenhub Bakal Tingkatkan Kapasitas Pesawat Bertahap hingga 100 Persen
Zulhamdi Yahmin
Kamis | 11/06/2020 13.00 WIB
Kemenhub Bakal Tingkatkan Kapasitas Pesawat Bertahap hingga 100 Persen
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supratman

RILIS.ID, Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan meningkatkan kapasitas penumpang di angkutan pesawat secara bertahap hingga nantinya bisa mencapai 100 persen tingkat keterisian. 

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Novie Riyanto, penerapan penambahan kapasitas penumpang pesawat udara mengacu pada ketentuan yang ditetapkan oleh organisasi penerbangan internasional, seperti ICAO, EASA, CASA, CAA serta otoritas penerbangan internasional lainnya.

Aturan itu sendiri tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 41 Tahun 2020 dan Surat Edaran (SE) Direktur Jenderal Perhubungan Udara No 13 Tahun 2020 tentang Operasional Transportasi Udara Dalam Masa Kegiatan Masyarakat Produktif dan Aman Dari Corona Virus Disease (COVID-19). 

"Kami memastikan seluruh ketentuan berdasarkan standar yang tetapkan oleh Organisasi Penerbangan Internasional, ICAO, yang juga diterapkan oleh banyak negara. Melalui Surat Edaran Dirjen 13/2020 sangatlah jelas mengatur penerapan standar operasional prosedur, baik di bandara maupun pesawat udara," kata Novie dalam keterangan tertulisnya, Kamis (11/6/2020). 

Dia memastikan, peningkatan kapasitas penumpang pesawat juga dengan protokol kesehatan yang lebih ketat, baik di bandara keberangkatan dan juga kedatangan serta saat di dalam kabin pesawat.

Novie mengungkapkan, sistem filtrasi udara dan teknologi sirkulasi udara di pesawat sebenarnya sudah aman karena dapat meminimalisasi penularan COVID-19. Pasalnya, sistem itu menggunakan teknologi filtrasi high efficiency particulate air (HEPA) di dalam pesawat. 

"Meski begitu, kami tetap akan mempelajari dan akan melakukan pembaruan ketentuan kapasitas secara bertahap, juga sesuai dengan ketentuan aturan internasional," ujarnya.

Dia menyebut, lebih dari 85 persen pesawat penumpang di Indonesia merupakan pesawat sudah dilengkapi dengan sistem sirkulasi udara HEPA. Selain itu, pencegahan COVID-19 juga dklakukan dengan pembatasan interaksi dan pembatas antar baris.


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID