Jokowi-JK Jilid II Dinilai Bakal Timbulkan Kegaduhan - RILIS.ID
Jokowi-JK Jilid II Dinilai Bakal Timbulkan Kegaduhan
Budi Prasetyo
Senin | 30/07/2018 10.35 WIB
Jokowi-JK Jilid II Dinilai Bakal Timbulkan Kegaduhan
Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla. FOTO: RILIS.ID

RILIS.ID, Jakarta – Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo, Surokim Abdussalam menilai, jika Joko Widodo menggandeng kembali Jusuf Kalla sebagai cawapresnya di Pilpres 2019, situasi politik akan semakin gaduh.

Hal ini bisa saja dilakukan Jokowi jika Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan gugatan Perindo yang menyatakan Wakil Presiden boleh dipilih lebih dari dua kali.

"Jokowi-JK jilid 2 tetap mematik kontroversi, dan lebih banyak membawa mudarat untukk demokrasi nasional kita," kata Surokim kepada wartawan pada Senin (30/7/2018).

Ia khawatir, majunya JK itu akan menambah banyak angka Golput. Karena, majunya JK akan dianggap sebagai cara untuk melangengkan kekuasaan.

"Pertama, akan menghambat regenenasi kepemimpinan nasional," tambah dia.

Kedua, hukum menjadi rentan diretafsir dan digunakan sebagai alat kekuasaan. Ketiga, tidak menggairahkan demokrasi bangsa ini.

"Dari sisi usia pak JK sudah lengkap dalam pengalaman politik nasional tidak ada yang perlu dibuktikan lagi, kalau mau maju lagi beliau bisa dicap sebagai pemburu jabatan dan bukan negarawan sejati," katanya. 

Surokim berharap, agar JK menjadi king maker, atau guru bangsa yang mendorong tokoh muda untuk maju dalam pencalonan. 

"Pak JK lebih terhormat jika menjadi guru bangsa, ini saat yang tepat menguji integritas dan daya sebagai guru bangsa beliau," katanya.

"Jika maju itu hanya alasan demi alasan kestabilan saja malah enggak ada progresivitas dalam politik nasional," pungkasnya.

Editor


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID