Jokowi Izinkan Khofifah Maju Pilgub Jatim, jika... - RILIS.ID
Jokowi Izinkan Khofifah Maju Pilgub Jatim, jika...
Budi Prasetyo
Senin | 07/08/2017 15.53 WIB
Jokowi Izinkan Khofifah Maju Pilgub Jatim, jika...
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma.

RILIS.ID, Surabaya–  Pengamat politik dari Universitas Airlangga (Unair) Priyatmoko  memprediksi Presiden Joko Widodo tidak akan rela melepas Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa  maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018 jika didukung oleh Partai Gerindra. 

Pasalnya, jika sampai Khofifah dicalonkan Gerindra, bisa jadi akan mempengaruhi tingkat dukungan dalam Pemilihan Presiden 2019 mendatang. "Maunya (Khofifah) lepas ke Gerindra tapi itu tidak akan mudah," katanya dalam diskusi  "Demokrasi Dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018" di Universitas Surabaya (Ubaya) pada Senin (7/8/2017).

Dia mengatakan, Jokowi bisa saja memberikan restu kepada Khofifah asalkan didukung oleh partai koalisi pendukung pemerintah seperti Golkar, Nasdem dan PPP. "Dengan demikian seakan akan yang bertarung adalah partai pendukungnya. Tapi itu juga beresiko sekali," katanya.

Diakui Priyatmoko, pertarungan dalam Pilgub Jatim akan berlangsung sangat sengit karena mendekati Pemilihan Presiden. Kandidat yang menang diharapkan bisa mendulang suara bagi Jokowi maupun lawannya. "Ini adalah pertarungan yang sengit karena mendekati masa Pilpres. Yang pasti akan pemenangnya akan menjadi timses bagi masing-masing Capres," tambahnya.

Pilihan politik untuk membagi partai pendukung pemerintah agar mendukung Khofifah maupun Gus Ipul bukan tanpa resiko. Bisa jadi, pemenang Pilgub Jatim 2018 nanti tidak akan loyal karena merasa tidak didukung Jokowi. "Pasti ada resiko. NU bisa terbelah. Yang menang nanti bisa jadi tidak akan loyal 100 persen ke Jokowi," pungkasnya.


Tags
#Khofifah Indar Parawansa
#Jokowi
#Jatim
Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID