Jokowi Enggan Setujui UU MD3, PDI Perjuangan: Sabar Saja - RILIS.ID
Jokowi Enggan Setujui UU MD3, PDI Perjuangan: Sabar Saja

Kamis | 22/02/2018 11.35 WIB
Jokowi Enggan Setujui UU MD3, PDI Perjuangan: Sabar Saja
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta –  Anggota Badan Legislasi (Baleg) dari Fraksi PDI Perjuangan meminta publik  bersabar menunggu sikap pemerintah terkait hasil revisi Undang-Undang MPR, DPD, DPR dan DPRD (UU MD3).

"Kita tunggu dulu. Sabar saja," kata Hendrawan Supratikno kepada rilis.id, Jakarta, Kamis (22/2/2018).

Anggota komisi XI DPR ini menambahkan, saat pembahasan undang-undang itu, DPR membahas bersama dengan pihak pemerintah. Artinya, pemerintah dilibatkan sejak awal pembahasan.

Soal sikap Presiden Jokowi yang belum bersedia menandatangani revisi UU tersebut, Hendrawan tak khawatir. Dia menilai, itu langkah kehati-hatian Presiden Jokowi untuk membaca konstruksi UU secara utuh. 

"UU dibahas bersama. Mungkin, Presiden Jokowi sedang menunggu laporan lebih komprehensif dari Menkumham, Mendagri dan Mensegneg," imbuh politisi Dapil Jawa Tengah itu.

Menurut Hendrawan, rapat paripurna DPR sebagai forum pengambilan keputusan, menandakan persetujuan dari pihak pemerintah. Hanya saja, ada penggalangan opini yang membuat orang berubah menyikapi revisi UU MD3.

"Sudah disetujui di paripurna, artinya sudah oke semua. Akhir-akhir ini banyak kalangan berbalik begitu berhadapan dengan penggalangan opini publik oleh komunitas tertentu," bebernya.

Padahal, lanjut Hendrawan, ada mekanisme konstitusional bagi yang keberatan dengan substansi pasal-pasal UU MD3. "Kalau ada hal-hal yang tidak sejalan dengan konstitusi, bisa dilakukan uji materi (judicial review)," tandasnya.

Editor Elvi R


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID