Jakarta Episentrum COVID-19, Legislator PDIP Sarankan 'Lockdown' ke Anies dan Jokowi - RILIS.ID
Jakarta Episentrum COVID-19, Legislator PDIP Sarankan 'Lockdown' ke Anies dan Jokowi
Nailin In Saroh
Kamis | 26/03/2020 21.00 WIB
Jakarta Episentrum COVID-19, Legislator PDIP Sarankan 'Lockdown' ke Anies dan Jokowi
Anggota DPR Fraksi PDIP dapil DKI Jakarta, Masinton Pasaribu. FOTO: RILIS.ID

RILIS.ID, Jakarta – Anggota Fraksi PDIP di DPR, Masinton Pasaribu menyarankan Presiden Joko Widodo dan Gubernur DKI Jakarta mempertimbangkan opsi lockdown, mengingat kondisi ibu kota sebagai episentrum virus corona jenis baru atau COVID-19. 

Dia mendorong pemerintah pusat dan pemerintah DKI Jakarta berembuk bersama untuk mengambil langkah-langkah konkret guna menekan penyebaran virus SARS-CoV-2 .

"Tidak ada salahnya membahas dan mempersiapkan opsi lockdown sebagai alternatif terakhir untuk wilayah provinsi DKI Jakarta. Melihat penerapan opsi lockdown di berbagai negara ternyata efektif meminimalisir penyebaran virus corona,” ujar Masinton dalam keterangan tertulisnya, Kamis (26/3/2020).

Anggota Komisi III DPR RI ini memahami bahwa lockdown bukan cara atau opsi tunggal dalam melawan pandemi corona. Namun, melihat tren perkembangan corona akhir-akhir ini, menurutnya, opsi lockdown menjadi pilihan efektif. 

Hal ini, kata dia, sejalan dengan yang dilakukan berbagai negara guna meminimalisir penyebaran virus corona di tengah-tengah masyarakat.

Politisi PDI Perjuangan ini berharap, tidak ada egoisme kebijakan antara pemerintah pusat maupun pemerintah daerah DKI Jakarta. Bagaimana pun, Keselamatan dan kesehatan rakyat adalah hal yang utama.

"Singkirkan egoisme, bangun sinergitas dan solidaritas antar pemerintahan pusat dan daerah,” kata Legislator Jakarta itu. 

Kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Masinton meminta untuk mau mendengarkan dan melaksanakan arahan pemerintah pusat. Begitu pun juga sebaliknya, pemerintah pusat harus aspiratif dan akomodatif mendengarkan aspirasi daerah.

Anggota DPR daerah pemilihan DKI Jakarta II ini menambahkan, belum ada kata terlambat memulai langkah besar, jika pemerintah mau mempersiapkannya secara profesional. Oleh sebab itu, kata Masinton, pemerintah pusat dan pemerintah daerah DKI Jakarta segera bersama-sama lakukan langkah mitigasi secara cepat, terukur dan efektif.

"Perbanyak layanan RS rujukan Covid19 di DKI Jakarta, prioritaskan APBD untuk belanja barang peralatan medis dan alat pelidung diri tenaga medis di seluruh RS rujukan. Perbanyak relawan medis dan paramedis,” pungkasnya. 

 


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID