logo rilis
Ini Jumlah Pasangan Calon Peserta Pilkada yang Lapor Harta Kekayaannya ke KPK
Kontributor

10 Januari 2018, 09:27 WIB
Ini Jumlah Pasangan Calon Peserta Pilkada yang Lapor Harta Kekayaannya ke KPK
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafiz Faza.

RILIS.ID, Jakarta— Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengonfirmasi hingga saat ini baru 23 calon gubernur dan 19 calon wakil gubernur yang melaporkan harta kekayaannya. 

Padahal, laporan harta kekayaan calon penyelenggara negara menjadi salah satu syarat untuk mendaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Baca Juga

Selain itu juga terdapat 139 calon Bupati, 121 calon wakil bupati, 50 calon wali kota dan 44 calon wakil wali kota yang sudah menyerahkan LHKPN-nya. Sehingga total, terdapat 396 calon kepala daerah yang sudah rampung melaporkan harta kekayaannya.

"Sampai saat ini ada 396 orang yang melaporkan kepada KPK," kata Jubir KPK Febri Diansyah, Jakarta, Rabu (10/1/2018).

Febri pun mengimbau kepada para calon kepala daerah yang belum melaporkan hartanya untuk segera diselesaikan administrasinya. Ini mengingat pada tahun ini sebanyak 171 daerah melaksanakan Pilkada yang meliputi 17 provinsi, 115  kabupaten, dan 39 kota.

Jika setiap daerah diikuti sedikitnya dua pasang calon maka diperkirakan terdapat 684 bakal calon gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota yang berkewajiban melaporkan harta kekayaannya kepada KPK.

"Ini penting bagi publik agar masyarakat tahu harta kekayaan mereka. Dan bagi calon kepala daerah ini tes kejujuran mereka seberapa jujur ke masyarakat mengenai jumlah kekayaan mereka," katanya.

Adapun guna mempercepat proses administrasinya, KPK dikatakan Febri sudah membuka 20 posko. Sehingga menurutnya tak perlu khawatir proses pelaporannya memakan waktu lama.

"Untuk mendukung pelaksanaan Pilkada serentak, KPK buka posko LHKPN, ada sekitar 20 pos dibuka untuk terima LHKPN," ujar Febri.


#KPK
#Pilkada Serentak 2018
Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)


2020 | WWW.RILIS.ID