Indonesia Mampu Produksi 17 Juta Kit APD Per Bulan, Jokowi: Jangan Beli dari Luar - RILIS.ID
Indonesia Mampu Produksi 17 Juta Kit APD Per Bulan, Jokowi: Jangan Beli dari Luar
Elvi R
Kamis | 09/07/2020 21.30 WIB
Indonesia Mampu Produksi 17 Juta Kit APD Per Bulan, Jokowi: Jangan Beli dari Luar

RILIS.ID, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan semua kementerian melakukan belanja anggaran. Sehingga ekonomi yang sedang buruk akibat pandemi virus corona atau COVI-19 ini bisa diperbaiki.

Jokowi mencontohkan, dalam hal medis untuk Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bisa melakukan belanja di dalam negeri. Tidak perlu melakukan impor terhadap kebutuhan medis di Indonesia.

"PCR juga dalam negeri. Kita sekarang sudah bisa buat PCR. Rapid test beli dalam negeri. Karena kita bisa membuat semuanya. Jangan ada lagi beli yang dari luar," ujar Presiden Jokowi dalam rapat terbatas pada Selasa (7/7/2020).

Jokowi menyontohkan, sebaiknya rumah sakit menggunakan APD dan masker buatan anak negeri. Karena, Indonesia sudah mampu memproduksi masker sendiri.

"Apalagi hanya masker, buanyak kita produksinya. APD, 17 juta produksi kit per bulan. Padahal kita pakainya hanya 4-5 juta," katanya.

Maka belanja anggaran pada kementerian bisa dilakukan dengan produk dalam negeri. Belaja anggaran ini, menurut Jokowi bisa memulihkan ekonomi di Indonesia.

"Hal-hal seperti ini saya mohon bapak ibu menteri, pak sekjen, pak dirjen, tahu semuanya. Masalah dan problem yang kita hadapi," ungkapnya.

Jokowi meminta seluruh kementerian bekerja lebih ‎cepat. Jangan ada yang menganggap situasi saat ini hanyalah biasa-biasa saja.

"Kembali lagi jangan sampai menganggap kita ini masih pada situasi biasa-biasa saja," pungkasnya.


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID