IKA PMII Kembali Dipimpin Muqowam-Hanif Dhakiri - RILIS.ID
IKA PMII Kembali Dipimpin Muqowam-Hanif Dhakiri

Minggu | 22/07/2018 19.00 WIB
IKA PMII Kembali Dipimpin Muqowam-Hanif Dhakiri
Menaker Hanif Dhakiri dalam acara pemilihan Ketum dan Sekjen IKA PMII. FOTO: Istimewa.

RILIS.ID, Jakarta – Musyawarah Nasional ke-6 Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII), menyepakati Akhmad Muqowam sebagai Ketua Umum dan Hanif Dhakiri sebagai Sekretaris Jenderal IKA PMII periodw 2018-2023.

"Berdasarkan kesepakatan musyawarah mufakat, didasari pikiran yang jernih untuk kemajuan IKA PMII, NU dan bangsa yang berdasarkan Pancasila," kata Wakil Ketua Dewan Pembina IKA PMII, KH Masyhuri Malik yang memimpin sidang pemilihan ketua umum dan Sekjen, di Hotel Aston Marina Ancol Jakarta, Minggu (22/7/2018).

Pada kepengurusan sebelumnya, Muqowam yang juga anggota DPD dan Hanif selaku Menteri Ketenagakerjaan, menduduki posisi serupa (ketum-sekjen).

Keputusan itu disambut kata "setuju" oleh peserta Munas, dan pimpinan sidang mengetuk palu sembilan kali. Sejurus kemudian seluruh peserta Munas melantunkan sholawat badar.

Menurut Masyhuri, kesepakatan mufakat adalah hasil diskusi empat orang yang disebut-sebut sebagai calon ketua yakni Akhmad Muqowam, Hanif Dhakiri, Imam Nahrawi dan Andi Jamaro, bersama beberapa tokoh senior IKA PMII. 

"Pemilihan ketua secara mufakat demi membangun preseden IKA PMII, serta membangun jati diri sebagai keluarga besar NU dan bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi musyawarah mufakat," tambah Masyhuri.

Menurut Muqowam, pemilihan ketua umum dan sekjen secara aklamasi merupakan tradisi yang harus dijaga. “Karena IKA PMII bukan organisasi partai politik, tapi organisasi alumni pergerakan yang harus dijaga marwahnya,” ujarnya.

Sementara Hanif mengatakan, tantangan terbesar IKA PMII adalah iklim demokrasi yang terlalu liberal. “IKA PMII harus menjaga moral dan etika pergerakan dan terus mengawal demokrasi menjadi lebih baik”. 

Ke depan, lanjutnya, IKA PMII akan fokus pada penguatan kompetensi intelektual dan profesional di berbagai bidang bagi alumni PMII.

Editor


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID