ICJR Puji JPU Masukkan Hak Kompensasi ke Surat Tuntutan - RILIS.ID
ICJR Puji JPU Masukkan Hak Kompensasi ke Surat Tuntutan

Jumat | 01/09/2017 13.40 WIB
ICJR Puji JPU Masukkan Hak Kompensasi ke Surat Tuntutan
Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Institute for Criminal Justice reform (ICJR) mengapresiasi tuntutan yang diajukan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam kasus pengeboman di Gereja Oikumene, Samarinda Kalimantan Timur (Kaltim). 

Direktur Eksekutif ICJR Supriyadi W. Eddyono menilai, langkah Jaksa yang mencantumkan kompensasi bagi korban bom di depan Gereja Oikumene merupakan terobosan baru. Pasalnya, kasus-kasus bom yang lalu kompensasi hanya dibacakan secara bersamaan dengan tuntutan.

Akibatnya, majelis hakim tidak pernah mempertimbangkan dalam putusannya. Pada Kasus JW Mariot JPUmembacakan permohonan Kompensasi namun tidak memasukkanya dalam tuntutan, hanya saja majelis hakim justru mengabulkan permohonan kompensasi korban. 

"Ini merupakan tuntutan resmi pertama kompensasi yang diajukan dalam surat tuntutan di Indonesia. Sebelumnya jaksa hanya membacakan permohonan Kompensasi dan tidak memasukkannya dalam tuntutan," kata Supriyadi W. Eddyono melalui keterangan persnya yang diterima rilis.id, Jumat (1/9). 

Sidang ini menghadirkan terdakwa Juhanda cs terkait kasus ledakan bom molotov di depan Gereja Oikumene, Sengkotek, dengan agenda pembacaan tuntutan. 


Tags
#kompensasi korban bom
#ICJR
#Bom Gereja Oikumene
Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID