logo rilis
Hendak ke Malaysia, 36 Pekerja Migran Indonesia-Satu Balita Diamankan di Perairan Asahan
Kontributor
RILIS.ID
08 April 2021, 22:29 WIB
Hendak ke Malaysia, 36 Pekerja Migran Indonesia-Satu Balita Diamankan di Perairan Asahan
Sebanyak 37 PMI ilegal diamankan di perairan Muara Sungai Asahan, Kamis (8/4/2021) dini hari pukul 03.00 WIB. FOTO: ISTIMEWA

RILIS.ID, Asahan— Pangkalan TNI Angkatan Laut Tanjungbalai Asahan (Lanal TBA) mengamankan 37 Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal di perairan Muara Sungai Asahan, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, Kamis (8/4/2021).

Ke-37 PMI ilegal tersebut dibawa menggunakan kapal tanpa nama berukuran 5 GT. Mereka diamankan saat berlayar menuju Malaysia.

Berdasarkan data Penerangan Lanal TBA yang diterima Rilis.id, Kamis (8/4/2021), kapal kayu yang dinahkodai MW membawa 37 PMI ilegal. Mereka terdiri dari 24 pria, 12 wanita, dan satu balita perempuan.

Tim Patroli melakukan penggeledahan terhadap kapal tersebut. Namun, petugas tidak menemukan barang-barang terlarang yang dibawa oleh PMI maupun ABK.

Saat ini, 37 PMI tersebut diamankan di Mako Lanal TBA di Desa Asahan Mati, Kabupaten Asahan, untuk selanjutnya diserahkan ke petugas Imigrasi.

Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan penyelundupan manusia dan barang semakin marak menjelang bulan Ramadan ataupun pada akhir tahun.

”Oleh karena itu, saya menekankan ke jajaran untuk tetap waspada menjaga keamanan perairan di wilayahnya masing-masing,” kata Yudo dalam keterangan tertulisnya, Kamis (8/4).

Hingga saat ini, 37 PMI dan kapal beserta awaknya masih dalam pengawasan Lanal TBA. Hal itu sesuai perintah Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K.

Sementara itu, Danlantamal I Belawan Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso menekankan agar kegiatan pemeriksaan tetap mengutamakan protokol kesehatan. (*)

Editor: Segan Simanjuntak


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)


2020 | WWW.RILIS.ID