logo rilis
Gugus Penanganan COVID-19: Tiga Daerah Papua Ini Telah Terjadi Transmisi Lokal
Kontributor
Elvi R
11 Mei 2020, 10:35 WIB
Gugus Penanganan COVID-19: Tiga Daerah Papua Ini Telah Terjadi Transmisi Lokal
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supratman

RILIS.ID, Manokwari— Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Papua Barat menyebutkan ada tiga daerah di provinsi tersebut telah terjadi transmisi lokal atau penyebaran dalam daerah virus corona jenis baru penyebab COVID-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Papua Barat, Arnoldus Tiniap mengatakan telah terjadi transmisi lokal penyebaran virus corona di tiga daerah yakni kota Sorong, Kabupaten Raja Ampat, dan Kabupaten Teluk Bintuni.

Dia menjelaskan, tiga daerah tersebut melaporkan bahwa sebagian pasien yang dinyatakan positif terpapar virus corona sama sekali tidak punya riwayat perjalanan ke luar daerah terlebih khusus ke daerah pandemi luar Papua Barat.

Dengan demikian, kata dia, telah terjadi transmisi lokal pada tiga daerah di provinsi Papua Barat tersebut sehingga masyarakat diharapkan meningkatkan kewaspadaan dengan menerapkan protokol pencegahan penyebaran virus corona.

Menurut dia, jumlah kasus positif virus corona di Papua Barat terus meningkat dan hingga 11 Mei 2020 jumlah total pasien positif adalah 70 orang yang tersebar di Kota Sorong sebanyak 17 pasien, Kabupaten Sorong 12 pasien, dan Kabupaten Raja Ampat sebanyak 14 pasien.

Selanjutnya Kabupaten Teluk Bintuni sebanyak 19 pasien, Manokwari enam orang, Manokwari Selatan satu pasien, dan Kabupaten Fakfak satu orang pasien positif terpapar virus Corona.

Ia memprediksi jumlah kasus masih akan meningkat karena aktivitas masyarakat di tengah kondisi tanggap darurat wabah virus corona ini masih tinggi. Masih kurang kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol pencegahan penyebaran virus corona anjuran pemerintah seperti masker saat bepergian ke luar rumah.

"Kabar baik dua pasien positif virus corona di Papua Barat yakni satu orang di Kota Sorong dan satu orang di Manokwari telah dinyatakan sembuh dan dapat pulang kembali ke rumahnya," ujarnya, di lansir dari Antara, Senin (11/5/2020).




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID