logo rilis
George Floyd yang Tewas Dicekik Polisi AS Ternyata Positif Corona
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
05 Juni 2020, 11:00 WIB
George Floyd yang Tewas Dicekik Polisi AS Ternyata Positif Corona
Kerusuhan di AS imbas tewasnya George Floyd oleh polisi Minneapolis. FOTO: Reuters

RILIS.ID, Los Angeles— Seorang warga kulit hitam yang tewas setelah dicekik polisi Minneapolis, dan menjadi penyebab maraknya kerusuhan di sejumlah kota di Amerika Serikat (AS), ternyata positif terjangkit COVID-19. 

Meski begitu, Floyd tewas bukan karena penyakit COVID-19. Dari hasil otopsi, terbukti bahwa pria tersebut tewas akibat disiksa oleh polisi. 

Keterangan soal Floyd terbukti positif COVID-19 itu tercantum dalam laporan setebal 20 halaman penuh yang dibuka kepada publik oleh Kantor Pengujian Medis Wilayah Hennepin pada Rabu (3/6/2020) seperti dikutip dari Reuters.

Tertulis dalam catatan laporan itu, sampel cairan tenggorokan dari jenazah Floyd kembali teruji positif COVID-19. Sebelumnya ia juga teruji positif pada 3 April atau hampir delapan pekan sebelum kematiannya.

Kepala penguji medis Hennepin, dr. Andrew Baker, menyimpulkan, hasil uji postmortem "cenderung menunjukkan status positif tanpa gejala dari infeksi yang terjadi sebelumnya."

Meski begitu, tidak ada indikasi dalam laporan otopsi yang menyebutkan bahwa infeksi virus corona berperan dalam kematian Floyd.

Sementara itu, dr. Michael Baden, salah satu dari dua penguji medis yang melakukan otopsi mandiri pada jenazah Floyd atas permintaan keluarga, mengaku kepada media New York Times bahwa petugas medis Hennepin tidak pernah memberitahu dirinya maupun petugas pemakaman tentang Floyd yang terjangkit virus corona.

Laporan tersebut juga memuat pernyataan resmi bahwa penyebab kematian Floyd adalah henti jantung (cardiopulmonary arrest) ketika lehernya ditindih oleh pelaku.

Petugas yang berwenang menyatakan kasus tewasnya Floyd adalah pembunuhan. Adapun empat polisi yang telah dipecat akibat peristiwa penangkapan berujung kematian itu, dengan Derek Chauvin, petugas yang menindih leher Floyd, telah menjadi tersangka. 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID