Gadis Muda Ini Bisa Hasilkan Ratusan Juta Setiap Bulan - RILIS.ID
Gadis Muda Ini Bisa Hasilkan Ratusan Juta Setiap Bulan

Jumat | 21/07/2017 15.50 WIB
 Gadis Muda Ini Bisa Hasilkan Ratusan Juta Setiap Bulan
Putri Melati Kusumaningrum perajin dari bahan clay. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Melakoni bisnis kerajinan tangan pernak-pernik lucu ternyata mampu menghasilkan omzet hingga ratusan juta rupiah. Itulah yang dilakoni Putri Melati Kusumaningrum perajin dari bahan clay. 

Ia menuturkan, ketika masih menjual gantungan clay, pendapatannya bisa sebesar satu juta rupiah setiap bulannya. Setelah itu berkembang menjadi clay frame dan membuka kantor pertama di Yogyakarta, Sisterclay. 

"Omzet Sisterclay sebesar Rp 60-70 juta per bulan. Kalau untuk saat ini, alhamdulillah pendapatan Sisterclay sudah Rp 100 juta per bulan," katanya dikutip melalui studentpreneur, Jumat (21/7/2017).

Ia mengaku, memang sudah lama tertarik dengan kerajinan tangan. Kalau untuk clay sendiri, sudah dimulai sejak masih SMP pada umur 15 tahun. Pertama kali hanya membentuk clay untuk gantungan kunci. 

"Tapi tidak disangka, teman-temanku banyak yang suka, akhirnya aku menjual gantungan clay ini dengan harga Rp25.000/pcs di tahun 2011," ucapnya. 

Awalnya, lanjut Putri,  binis kecil-kecilan ini dijual dari mulut ke mulut hingga sekolah ke sekolah. Setelah banyak pelanggan, mulai  beralih dan menggunakan sosial media, yang awalnya pakai BBM. 

"Seiring berjalannya waktu, aku pun mencoba untuk memperluas jaringan dengan melakukan promosi melalui Twitter dan Facebook," ungkapnya.

Setelah lulus SMA dan pindah ke Yogyakarta, ia akhirnya  memutuskan untuk membuka kantor Sisterclay tahun 2014 dan mulai menggunakan Instagram sebagai media promosi produk clay. 

Ia memulai membangun Instagram Sisterclay dari nol hingga saat ini punya lima akun Instagram yang followers-nya lumayan banyak.

"Instagram itulah yang sebenarnya membuat bisnis aku rame banget, apalagi pada saat itu memang Instagram sedang hits dan penggunaan untuk promosinya pun gampang banget," ungkapnya.

Ia juga menyarankan untuk semua anak muda yang ingin menjalankan usaha harus berani mencoba. 

"Karena kalau tidak dicoba dan cuma ada di angan-angan tidak ada artinya. Selain itu, jalani dan tekuni apa yang kamu suka," ucapnya.

Selain itu, menurut Putri, dalam usaha juga harus berani dalam menerima segala risiko yang akan dihadapi. Karena kunci utamanya adalah pengalaman. 

"Kalau memang prosesnya panjang, jatuh bangun dan tidak mudah menyerah tentu hasilnya juga bagus. Tanpa adanya pengalaman, kesuksesan tersebut akan jauh dari genggaman kita," tutupnya.


Tags
#sisterclay
#putri melati kusumaningrum
#yogyakarta
Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID