Formappi Minta Pemerintah dan DPR Dukung PKPU Larangan Caleg Koruptor  - RILIS.ID
Formappi Minta Pemerintah dan DPR Dukung PKPU Larangan Caleg Koruptor 
Zulhamdi Yahmin
Selasa | 03/07/2018 14.00 WIB
Formappi Minta Pemerintah dan DPR Dukung PKPU Larangan Caleg Koruptor 
ILUSTRASI: Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta – Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi) meminta kepada DPR RI dan pemerintah, yakni Kementerian Hukum dan HAM untuk mendukung Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) terkait larangan mantan narapidana koruptor menjadi calon anggota legislatif. 

Menurut peneliti senior Formappi, Lucius Karus, PKPU tersebut merupakan langkah ideal dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia. 

"Pemberantasan korupsi melalui intervensi aturan yang tegas seperti PKPU larangan mantan napi koruptor menjadi caleg merupakan respons atas berkesinambungannya praktek korupsi yang dilakukan pejabat, termasuk DPR dan eksekutif," kata Lucius kepada rilis.id, Selasa (3/7/2018).

PKPU itu, lanjut Lucius, bisa menjadi harapan bagi masyarakat untuk mendapatkan anggota DPR RI yang bersih dari tindak pidana korupsi. Dengan begitu, masyarakat juga bisa berharap terhadap janji-janji para caleg ketika kampanye. 

"Jika untuk membaca kemendesakan itu saja DPR dan pemerintah masih terus berkutat dengan alasan melanggar undang-undang, maka sesungguhnya tak perlu lagi percaya pada semua upaya pemberantasan korupsi yang dijanjikan oleh DPR maupun pemerintah," ujarnya. 

Untuk itu, tegas Lucius, tidak punya alasan lagi bagi DPR dan Kemenkumham menolak PKPU tersebut. Menurutnya, melawan KPU untuk menghapus syarat larangan mantan napi koruptor menjadi caleg, berarti melawan semangat rakyat. 

"Tak ada alasan DPR dan Kemenkumham menolak PKPU itu kecuali jika mereka secara sadar ingin berhadap-hadapan dengan rakyat.
Karena PKPU tersebut menjadi spirit seluruh rakyat yang menginginkan tata kelola pemerintahan segera bersih dari praktik korupsi," tegasnya.
    

Editor Elvi R


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID