logo rilis
Era New Normal, Kota Ini jadi Incaran Destinasi Jalan-Jalan
Kontributor
Nailin In Saroh
22 Juni 2020, 17:30 WIB
 Era New Normal, Kota Ini jadi Incaran Destinasi Jalan-Jalan
Ilustrasi pariwisata. ILUSTRASI: RILIS.ID

RILIS.ID, Jakarta— Masyarakat menyambut baik era new normal, bahkan tak sedikit yang merindukan liburan ke luar kota. Meski kondisinya jauh berbeda dengan sebelum pandemi COVID-19, namun antusias para pelancong masih menggebu untuk berpetualang atau sekedar berjalan-jalan. 

Dari hasil riset Pegipegi terhadap 900 responden di Indonesia, sebanyak 67 persen responden tertarik untuk bepergian di era normal baru. Sisanya mengaku belum merencanakan perjalanan.

Sebanyak 73 persen berencana bepergian dalam kurun dua bulan mendatang, dengan alasan keperluan keluarga (33 persen), melepas penat (26 persen) serta bisnis dan pendidikan.

Moda transportasi yang dipilih pada era normal baru didominasi pesawat (53 persen), kemudian kendaraan pribadi (27 persen), kereta api (16 persen) disusul dengan bus (4 persen).

Setengah responden tertarik untuk menjelajahi wisata alam, sementara 24 persen memilih wisata kuliner ketika tiba saatnya untuk kembali bepergian. 

Dalam riset tersebut, juga terungkap tujuan destinasi wisata yang diincar masyarakat Indonesia pada era normal baru. Sebanyak 91 persen responden menjadikan destinasi domestik sebagai pilihan utama, di mana kota Yogyakarta, Bandung dan Jakarta jadi pilihan utama.

Kota lain yang juga banyak dipilih adalah Surabaya, Bali, Semarang, Padang, Palembang, hingga Sabang.

Sedangkan sedikitnya 9 persen lainnya memilih untuk jalan-jalan ke luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Thailand, dan beberapa negara lainnya seperti Arab Saudi, Australia, Korea, dan Belanda.

Angka ini menunjukkan bahwa masyarakat memilih destinasi yang relatif lebih dekat dan mudah dijangkau pada situasi new normal.

“Kami memahami masyarakat sejauh ini telah berusaha semaksimal mungkin untuk tetap di rumah dan menunda bepergian demi keamanan dan kesehatan bersama. Pada masa transisi ini kami melihat keinginan untuk bepergian mulai meningkat," kata Serlina Wijaya, Chief Marketing Officer Pegipegi, dalam siaran resmi yang dikutip dari Antara, Senin (22/6/2020).




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID