logo rilis
Epik, Cara Orang Tua Murid Protes soal PPDB di Depan Kemendikbud
Kontributor
Elvi R
29 Juni 2020, 16:00 WIB
Epik, Cara Orang Tua Murid Protes soal PPDB di Depan Kemendikbud
Para orang tua peserat PPDB berdemo sambil menenteng spanduk yang menolak syarat usia PPDB DKI di halaman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan. Foto: RILIS.ID/Panji S

RILIS.ID, Jakarta— Melalui Siaran Pers, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Nahdiana mengungkapkan, hingga ditutupnya pendaftaran Jalur Zonasi, menunjukkan terdapat 92,4 persen siswa dalam rentang usia normal yaitu 15-16 tahun untuk kelas 1 SMA yang diterima. Sedangkan, usia tertua diterima, yakni 20 tahun hanya 0,06 persen atau 7 siswa. Sebaran usia SMA jalur zonasi 16 tahun 52,8 persen 15 tahun 39,7 persen 13-14 tahun 0,2 persen 17 tahun 6 persen, 18-20 tahun 1,4 persen. Sebaran usia SMP jalur zonasi 12-13 tahun 96,9 persen 14-15 tahun 2,8 persen 13 tahun 29,6 persen 12 tahun 67,3 persen 10-11 tahun 0,3 persen.

Hasil dan proses seleksi sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020 ternyata banyak dikeluhkan oleh masyarakat. Kemarahan orang tua murid pun tak tertahankan lagi. Mereka bahkan menggelar protes keras dengan mendatangi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Senin pagi (29/6/2020). 

Ratusan orang berduyun-duyun datang menuju kantor tempat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim bekerja. Para orang tua murid di DKI Jakarta memprotes kebijakan PPDB daring yang menyeleksi masuknya tahun ajaran baru 2020-2021 berdasarkan usia. Pada akhirnya, banyak dari siswa tidak bisa disekolah negeri meski dalam syarat zonasi masuk. Bahkan, di sebagian sekolah di DKI Jakarta siswa SMA berusia 20 tahun bisa masuk dalam tahun ajaran 2020-2021. Adapun syarat yang dianggap tak biasa adalah perihal syarat usia.

Hari ini, ratusan orang tua murid itu berpakaian seragam sekolah dan melakukan protes dan orasi di depan Kemendikbud. Tim rilis.id, berhasil mengabadikan momen tersebut. Berikut dokumentasinya.

Para orang tua peserat PPDB menggunakan seragam sekolah saat berdemo sambil menenteng spanduk yang menolak syarat usia PPDB DKI di halaman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. FOTO: RILIS.ID/Panji Satria.

Spanduk yang menolak syarat usia PPDB DKI di halaman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan. FOTO: RILIS.ID/Panji Satria.

Sejumlah orang tua siswa saat melakukan aksi memprotes kebijakan Kemendikbud soal PPDB online 2020-2021 di halaman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan. FOTO: RILIS.ID/Panji Satria.

Orang tua siswa melakukan orasi dalam aksi di halaman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan. FOTO: RILIS.ID/Panji Satria.

Sejumlah orang tua siswa berseragam SMA melakukan aksi di halaman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan. FOTO: RILIS.ID/Panji Satria.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID