Ekspor Lesu, Politisi PDIP Tuding Lembaga Ini Penyebabnya - RILIS.ID
Ekspor Lesu, Politisi PDIP Tuding Lembaga Ini Penyebabnya
Nailin In Saroh
Sabtu | 17/02/2018 11.40 WIB
Ekspor Lesu, Politisi PDIP Tuding Lembaga Ini Penyebabnya
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafiz Faza.

RILIS.ID, Jakarta – Anggota Komisi VI DPR RI Darmadi Durianto, mengkritik kinerja Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) lantaran nilai ekspor nasional mengalami kelesuan.

Hal ini dikatakan Darmadi menanggapi data BPS Dmerilis nilai ekspor Indonesia pada Januari 2018 melorot diangka 2,81%, bila dibandingkan dengan Desember 2017. Yakni dari US$14.873,3 juta menjadi US$14.455,5 juta.

Menurutnya, kegiatan pemasaran dan penjualan di luar negeri harus lebih diefektifkan melalui ITPC. Bila buruk, ITPC harus restrukturisasi.

"ITPC ini lah yang harus diefektifkan sesuai dengan pembelian efektif dan efisien,” ujar Darmadi di Jakarta, Jumat (16/2/2018).

Politisi PDIP ini meminta Kementerian Perdagangan untuk melakukan evaluasi terhadap ITPC. Sebab, selama ini badan promosi untuk Indonesia tersebut tidak kualifikasi.

Ia menduga, kinerja ITPC yang tak efektif disebabkan penempatan anggotanya yang salah. Padahal, gaji mereka menggunakan APBN.

“Misalnya ITPC dibutuhkan orang marketing dan selling tapi banyak backgroundnya itu bukan orang-orang marketing dan penjualan. Sehingga ITPC ini harus direkstrusasi,” tegas Darmadi.


 

Editor


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID