Duh! Pascabebas COVID-19, Enam Bulan bisa Terinfeksi Lagi? - RILIS.ID
Duh! Pascabebas COVID-19, Enam Bulan bisa Terinfeksi Lagi?
Nailin In Saroh
Selasa | 02/06/2020 15.30 WIB
Duh! Pascabebas COVID-19, Enam Bulan bisa Terinfeksi Lagi?
Ilustrasi COVID-19. ILUSTRASI: RILIS.ID

RILIS.ID, Jakarta – Sebuah studi di Amsterdam, Belanda, menyebutkan bahwa orang-orang dimungkinkan terinfeksi kembali virus SARS CoV-2 setelah enam bulan terbebas dari COVID-19. Hasil penemuan ini muncul setelah para peneliti melacak 10 subjek yang terkena setidaknya satu dari empat spesies virus corona musiman selama 35 tahun (1985 hingga 2020).

“Kami melihat infeksi kembali yang sering terjadi pada 12 bulan pasca infeksi dan penurunan substansial dalam tingkat antibodi segera setelah enam bulan pasca infeksi,” sebut studi itu seperti dilansir Medical Daily yang dikutip dari Antara. 

Meski demikian, penelitian ini belum ditinjau oleh rekanan sehingga kurang mendapat dukungan. Namun, hasil temuan ini akan menjadi jawaban untuk orang-orang bertanya-tanya kapan COVID-19 bisa aktif kembali. 

"Karena hal ini menjadi perhatian bagi sebagian besar negara yang kembali membuka keran ekonominya,"

Seperti diketahui, meski kasus infeksi COVID-10 belum berakhir, namun beberapa negara telah mencoba membuka kembali ekonomi secara bertahap. Walau selamat dari gelombang pertama tetapi ada kekhawatiran orang-orang dapat terinfeksi kembali.

Karenanya, masyarakat didorong untuk melanjutkan pedoman yang ditetapkan petugas kesehatan, salah satunya Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) untuk Amerika Serikat seperti mengenakan masker wajah setiap saat keluar rumah, mempraktikkan jarak sosial dan menerapkan personal hygiene setiap saat, seperti mencuci tangan.

Studi menjelaskan, kekebalan imunitas bisa membantu meredakan kasus. Namun, hal ini dicapai ketika mayoritas populasi tertentu menjadi kebal terhadap penyakit menular.

Untuk mencapai ini, diperlukan vaksinasi luas namun hingga kini masih belum tersedia. Sehingga masyarakat disarankan tetap melakukan kebiasaan sehat sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan. 


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID