Dua Sekolah di Bekasi Tolak Program Imunisasi Campak dan Rubella - RILIS.ID
Dua Sekolah di Bekasi Tolak Program Imunisasi Campak dan Rubella

Selasa | 01/08/2017 21.13 WIB
Dua Sekolah di Bekasi Tolak Program Imunisasi Campak dan Rubella
Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi. FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Bekasi— Sebanyak dua sekolah di wilayah Kota Bekasi menolak berpartisipasi dalam program nasional imunisasi campak dan rubella bagi siswanya. Demikian dikatakan Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, di sela-sela pencanangan program imunisasi tingkat Kota Bekasi di SMPN 2 Kota Bekasi, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Selasa (1/8/2017). 

Ia mengaku belum mengetahui secara pasti alasan sekolah tersebut enggan menggelar program pemerintah tersebut.  "Informasi awal ada dua sekolah yang tidak bersedia mengadakan imunisasi ini. Pengelolanya akan kami panggil untuk dikonfirmasi alasannya," ujarnya.

Rahmat menegaskan pihaknya akan melakukan pemanggilan terhadap pengelola sekolah untuk mengetahui alasan penolakan menggelar program imunisasi campak dan rubella tersebut. Alasan tersebut penting diketahui pihaknya mengingat program imunisasi dari pemerintah pusat itu ditargetkan bisa diikuti sedikitnya 95 persen dari jumlah anak yang menjadi sasaran.

"Justru semestinya sekolah mendukung upaya pemerintah pusat memberikan pelayanan kesehatan dasar melalui penyelenggaraan imunisasi yang dilakukan cuma-cuma tanpa memungut biaya sepeserpun kepada siswa," ujarnya. 

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Jawa Barat, Program Nasional Imunisasi Campak-Rubella ini akan menyasar 658.563 anak sepanjang Agustus-September 2017. Adapun teknis pelaksanaannya dilakukan di 1.700 posyandu termasuk rumah sakit yang tersebar di 56 kelurahan dan 12 kecamatan. 

Penyelenggaraan program tersebut terbagi dalam dua tahap, yakni tahap pertama sepanjang Agustus 2017 difokuskan bagi siswa sekolah dasar/ Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) dan SMP/MTs. Tahap kedua, dilaksanakan pada September 2017 yang difokuskan pada anak berusia di atas sembilan bulan yang belum bersekolah.

Sumber Antara


Tags
#Wali Kota Bekasi
#Rahmat Effendi
#Sekolah Bekasi
#Tolak Imunisasi
Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID