DPR Sebut Prabowo Hanya Urusi Pembukaan Lahan Bukan Kelola Pangan - RILIS.ID
DPR Sebut Prabowo Hanya Urusi Pembukaan Lahan Bukan Kelola Pangan
Nailin In Saroh
Senin | 13/07/2020 17.04 WIB
 DPR Sebut Prabowo Hanya Urusi Pembukaan Lahan Bukan Kelola Pangan
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Presiden Joko Widodo. FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta – Anggota Komisi IV DPR Farida Hidayati turut bersuara menanggapi penugasan oleh Presiden Joko Widodo terhadap Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk mengurusi lumbung pangan di Kalimantan Tengah, yang kini menjadi perbincangan publik. 

Menurut Farida, Menhan Prabowo ditugaskan Jokowi bukan untuk mengurusi atau mengelola pangan, melainkan untuk mengurusi pembukaan lahan baru sebagai pengembangan lumbung pangan nasional di Kalimantan Tengah.

"Lahannya masih berupa hutan, lahannya belum produktif, belum di buka. Makanya kemarin meminta supaya dibuka," ujar Farida kepada wartawan, Senin (13/7/2020).

Sebagai mitra, dia mengungkapkan komisi IV sudah mengkonfirmasi kepada Kementerian Pertanian (Kementan) terkait hal tersebut dan tidak mempermasalahkannya. Sebab dikatakan Farida, Presiden Jokowi menugaskan Prabowo hanya untuk masalah pembukaan lahan baru sementara pengelolaannya tetap menjadi kewenangan Kementan.

"Ini pembukaan lahan baru. Tetap menggandeng Kementan," tegas Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini. 

Bahkan, Legislator dari daerah pemilihan Jawa Timur IX ini juga mengaku sudah menanyakannya kepada Mentan Syahrul Yasin Limpo, bahwa Kementan juga bisa mengatasi masalah pembebasan lahan. "Jawabnya Mentan tidak apa-apa," ungkapnya.

Ia menambahkan masalah pembukaan lahan baru ini bukan hanya menjadi tugas Kementan, tetapi juga menjadi tugas instansi terkait seperti Kementerian Kehutanan. Pasalnya, lahan baru yang akan dibuka nantinya berupa hutan.

Farida meyakini Prabowo bisa menjalankan amanat yang diberikan Presiden Jokowi. Sebab, Prabowo sudah berpengalaman dalam mengurusi masalah pangan dan pertanian.

"Menhan Prabowo kan mantan Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI)," pungkasnya.
 

 

 


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID