DPR: Efektifitas Kalung Eucalyptus Anti COVID-19 Perlu Diuji Klinis - RILIS.ID
DPR: Efektifitas Kalung Eucalyptus Anti COVID-19 Perlu Diuji Klinis
Nailin In Saroh
Selasa | 07/07/2020 23.06 WIB
DPR: Efektifitas Kalung Eucalyptus Anti COVID-19 Perlu Diuji Klinis
Eucalyptus sebagai anticorona. FOTO: Balitbangtan

RILIS.ID, Jakarta – Anggota Komisi IV DPR RI Hermanto mengapresiasi keterlibatan Kementerian Pertanian dalam upaya mencegah dan melawan virus Corona (COVID-19) dengan memproduksi kalung antivirus Corona atau eucalyptus. Namun menurutnya, hal itu perlu ada uji klinis secara lebih lanjut agar tidak menimbulkan pertanyaan besar di masyarakat terkait efektifitas barang tersebut. 

“Saya apresiasi sebagai karya anak bangsa dalam upaya berpartisipasi dalam mencegah COVID-19 dan tentunya ini saya minta supaya produk ini dikembangkan dan diuji lab untuk mendapatkan uji klinis agar layak dipakai secara kesehatan,” ujar Hermanto saat Rapat Kerja dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo beserta jajaran di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Selasa (7/7/2020).

Meski kalung anticorona ini belum mendapat tanggapan yang baik di masyarakat, Hermanto justru meminta agar produk itu dibiarkan saja sementara, mengingat hingga saat ini vaksin dan obat COVID-19 belum ditemukan. Karenanya ia pun mendukung inovasi yang dilakukan Kementan tersebut, namun tetap harus dilakukan uji klinis secara ketat agar bisa dipastikan kualitasnya.

“Tapi sekarang dibiarkan saja produk ini. Sementara kan belum ada produk vaksin dan obatnya. Jadi sementara ini tetap saya dukung,. Jadi supaya juga litbangnya ini dikembangkan. Bahkan anggarannya ini perlu ditambang Pak Menteri (Pertanian), jangan dipotong seperti kemarin,” kata politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Seperti diketahui, saat ini pun Kementan tengah berencana melakukan produksi massal terhadap kalung anti corona tersebut. Kalung tersebut dibuat dari tanaman eucalyptus, antivirus yang dipercaya bisa ampuh mematikan virus Corona.

Sumber dpr.go.id


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID