DPD I Golkar Setuju Airlangga Jadi Ketum karena Ada Jokowi - RILIS.ID
DPD I Golkar Setuju Airlangga Jadi Ketum karena Ada Jokowi
Budi Prasetyo
Selasa | 05/12/2017 12.49 WIB
DPD I Golkar Setuju Airlangga Jadi Ketum karena Ada Jokowi
Bakal Calon Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. FOTO: RILIS.ID/Taufiq Saiffudin.

RILIS.ID, Surabaya— Pengamat Politik dari Universitas Trunojoyo Surokim Abdussalam menilai, peluang Airlangga Hartarto untuk terpilih sebagai ketum Golkar sangat terbuka. 

Pasalnya, Menteri Perindustrian itu mendapat dukungan dari pemerintah sehingga bisa menarik minat DPD I dan DPD II Golkar.

"Airlangga punya peluang sebagai representasi kekuatan Jokowi," ujar Surokim kepada rilis.id pada Selasa (5/12/2017).

Meski demikian, Airlangga disarankan berkoalisi dengan loyalis Setya Novanto agar bisa menang dengan mudah dalam Musyawah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Golkar.

"Tetapi ada syarat lanjutan harus bisa mengandeng kubu Setya Novanto, karena secara riil kekuatan Golkar mayoritas ada pada kelompok itu," katanya.

Dia menjelaskan, kelompok Idrus Marham masih mendominasi suara di Golkar. Dia menyarankan kepada Airlangga untuk mengakomodasi faksi Idrus Marham jika terpilih sebagai Ketum Golkar nantinya.

"Idrus marham menjadi salah satu yang patut diperhitungkan karena menjadi representasi kubu Bali. Airlangga harus bisa berkoalisi dengan kelompok Bali dan mengakomodir barisan Idrus jika ingin menang," pungkasnya.

Seperti diketahui, Airlangga Hartarto menjadi calon ketum Golkar untuk menggantikan Setya Novanto yang ditahan karena kasus korupsi e-KTP. Organisasi sayap Golkar seperti SOKSI, MKGR, dan Kosgoro ikut mendukung Menteri Perindustrian menjadi pimpinan partai berlambang pohon beringin itu.


Tags
#Airlangga Hartarto
#Munaslub
#Golkar
Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID