Ditanya soal Perry Calon Gubernur BI, Ini Jawaban Komisi XI DPR - RILIS.ID
Ditanya soal Perry Calon Gubernur BI, Ini Jawaban Komisi XI DPR
Nailin In Saroh
Selasa | 06/03/2018 14.06 WIB
Ditanya soal Perry Calon Gubernur BI, Ini Jawaban Komisi XI DPR
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta – Rapat Paripurna DPR RI sudah mengumumkan Perry Warjiyo sebagai calon tunggal Gubernur Bank Indonesia (BI), yang dikirimkan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Lembaga dewan selanjutnya akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test, pada pria yang kini masih menjabat Deputi Gubernur BI.

"Itu sudah dengan pertimbangan yang masak dengan melihat rekam jejak, apakah ini tepat dan Komisi XI DPR RI tentu mengapresiasi pilihan presiden," ujar anggota Komisi XI DPR Hendrawan Suprtikno di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (5/3/2018).

Hendrawan menjelaskan, Paripurna menugaskan Badan Musyawarah (Bamus) untuk meneruskan uji kelayakan dan kepatutan ke Komisi XI DPR, bagi Gubernur dan Deputi Gubernur BI yang baru.

"Kami sedang membuat schedule fit and proper test, karena sebelum Gubernur BI ada Deputi Gubernur BI. Jadi ada dua, Deputi dan Gubernur BI. Yang ditelaah dan dikaji apa yang jadi program utama dari calon ini," jelas Hendrawan.

Ia pun menyampaikan, Komisi XI DPR tak ingin berlama-lama memproses uji kelayakan dan kepatutan terhadap keduanya. "Kalau bisa dipercepat kenapa ditunda-tunda," tegas Politisi PDIP ini.

Rencananya, usai paripurna, komisi keuangan itu akan mengadakan rapat internal. Namun, pihaknya juga tak ingin terburu-buru. "Minggu ini kan baru konsolidasi, masa langsung ujug-ujug," katanya.

Ditanya soal apakah Perry memenuhi kriteria sebagai Gubernur BI, Hendrawan mengatakan tentunya pilihan itu sudah dipikirkan Presiden. Terpenting, kata dia, Gubernur BI harus berani mengambil tindakan yang kadang-kadang tidak populer tapi bisa menyelamatkan perekonomian nasional.

"Tidak populer yang baik ya, bukan blunder. Kalau Perry, anda semua kenal dia, menulis buku setebal ini, isinya matematik," tuturnya.

Editor


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID