logo rilis
Din Syamsuddin Sarankan Bunga Setoran Haji Diberikan kepada Jemaah
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
04 Juni 2020, 09:00 WIB
Din Syamsuddin Sarankan Bunga Setoran Haji Diberikan kepada Jemaah
FOTO: Antara

RILIS.ID, Jakarta— Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Din Syamsuddin, menyarankan agar nisbah atau bunga dari setoran calon jemaah haji yang disimpan di bank konvensional minimal satu tahun ini untuk diberikan kepada pemiliknya.

Saran itu disampaikan Din menyusul keputusan Menteri Agama Fachrul Razi yang membatalkan keberangkatan jemaah haji 2020. 

Menurut Din, pandemi COVID-19 telah melumpuhkan perekonomian masyarakat. Sehingga, menurutnya, hampir semua orang membutuhkan banyak uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

"Mereka sangat membutuhkan di tengah pandemi COVID-19," kata Din dalam keterangan tertulisnya, Kamis (4/6/2020).

Din mengatakan, pembatalan keberangkatan haji 2020 oleh pemerintah juga membuat para jemaah kecewa. Untuk itu, ia meminta pemerintah memberikan penjelasan yang menyeluruh kepada para jemaah. 

Pemerintah, kata Din, perlu menjelaskan secara persuasif agar jemaah bisa nemahami maksud dan tujuan dari pembatalan tersebut. 

"Karena tentu sebagian dari mereka sangat kecewa," ujar Din 

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu bisa memahami keputusan dari Menteri Agama Fachrul Razi yang membatalkan keberangkatan jemaah haji tersebut. Pasalnya, COVID-19 hingga kini masih melanda hampir di seluruh negara.

"Karena sangat berisiko sehubungan dengan persebaran pandemi COVID-19 yang masih tinggi," paparnya.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID