Diduga Langgar Kode Etik karena Ini, Ketua KPK Diadukan ke Dewas - RILIS.ID
Diduga Langgar Kode Etik karena Ini, Ketua KPK Diadukan ke Dewas
Zulhamdi Yahmin
Senin | 22/06/2020 11.00 WIB
Diduga Langgar Kode Etik karena Ini, Ketua KPK Diadukan ke Dewas
FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri diadukan ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK oleh Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) terkait dugaan pelanggaran etik yang dilakukannya. 

Koordinator MAKI Boyamin Saiman, menyebutkan, dugaan pelanggaran etik itu dilakukan Firli lantaran menemui warga, khususnya anak-anak tanpa menggunakan masker saat melakukan kunjungan ke Baturaja, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, pada Sabtu (20/6/2020) kemarin. 

"Dalam suatu kesempatan Firli bertemu atau berjumpa dengan puluhan anak, namun Firli tidak memakai masker dan berdekatan jaraknya dengan anak-anak tersebut sehingga melanggar protokol COVID-19," kata Boyamin dalam keterangan tertulisnya, Senin (22/6/2020). 

Boyamin menilai, mestinya pertemuan antara Firli dengan warga sudah dipastikan dahulu menggunakan masker di tengah pandemi COVID-19. Apalagi, menurutnya, anak-anak adalah kelompok rentan tertular virus tersebut. 

Menurut Boyamin, Firli juga telah berumur lebih dari 50 tahun yang masuk dalam usia rentan terhadap COVID-19. 

"Kedua pihak sama-sama rentan saling menularkan COVID-19," ucapnya.

Untuk itu, kata Boyamin, MAKI menilai bahwa apa yang dilakukan Firli itu dugaan melanggar aturan pemerintah terkait penerapan protokol kesehatan COVID-19. Sebagai pejabat publik, menurut dia, mestinya Firli bisa mematuhi aturan pemerintah. 

"Firli sebagai penegak hukum seharusnya patuh hukum," ujar Boyamin.

MAKI, kata dia, meminta Dewan Pengawas KPK untuk melakukan penyelidikan dan memberikan keputusan atas dugaan pelanggaran etik terhadap Firli sesuai ketentuan peraturan yang berlaku. Dirinya juga meminta Dewas KPK menjatuhkan sanksi bila aduan tersebut terbukti.


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID