logo rilis
Dengan Metode Ini, Ibu Adopsi Bisa Berikan ASI
Kontributor

16 Maret 2018, 18:19 WIB
Dengan Metode Ini, Ibu Adopsi Bisa Berikan ASI
ILUSTRASI: Shutterstock

RILIS.ID, Jakarta— Hampir semua wanita yang telah berkeluarga pasti menginginkan kehamilan. Tapi jika bertahun-tahun menikah belum juga dikaruniai momongan, adopsi anak kerap dijadikan pilihan.

Mengasuh bayi adopsi berarti sang ibu tak bisa memberikan ASI, kecuali susu formula. Anggapan itu tentu tidak salah.

Pasalnya, kelenjar yang memproduksi ASI baru akan aktif ketika wanita hamil. ASI pun baru keluar bersama proses melahirkan.

Namun, berdasarkan studi terbaru, ibu asuh tetap bisa menyusui, yakni dengan menjalani metode induksi laktasi. Metode ini bisa dimanfaatkan ibu untuk menyusui bayinya.

Tapi, dengan metode ini, ASI tak bisa keluar begitu saja dari payudara ibu adopsi. Butuh kesabaran dan persiapan jauh-jauh hari sebelum bayi adopsi datang.

Seperti dihimpun dari berbagai sumber, metode induksi laktasi memakan waktu hingga empat bulan. Hasilnya pun belum tentu memuaskan, bahkan bisa terjadi kegagalan atau ASI tidak mau keluar.

Melansir Parenting Indonesia, sebenarnya ada beberapa hal yang perlu disiapkan untuk menunjang keberhasilan induksi laktasi, yakni sebagai berikut:

1. Ibu yang hendak mengadopsi dianjurkan memijat payudara dan memerahnya setiap tiga jam dan sekali pada malam hari selama 10-15 menit setiap kali dalam 3-6 bulan sebelum bayi datang. Artinya, sejak bayi yang akan diadopsi masih dalam kandungan, ibu sudah mempersiapkan diri.

2. Dianjurkan memerah ASI pada payudara dengan pompa listrik.

3. Karena ibu yang mengadopsi bayi kemungkinan tidak dapat memproduksi cukup ASI, dukungan dan pendampingan ibu sangat dibutuhkan untuk keberhasilan induksi laktasi.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)


2020 | WWW.RILIS.ID