Demo di Depan Kemensos Ditegaskan Cuma Hoaks - RILIS.ID
Demo di Depan Kemensos Ditegaskan Cuma Hoaks

Minggu | 21/10/2018 15.45 WIB
Demo di Depan Kemensos Ditegaskan Cuma Hoaks
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza.

RILIS.ID, Jakarta – Kementerian Sosial melalui surat yang diterima rilis.id pada Minggu, 21 Oktober siang memberikan klarifikasi atas berita "Mensos Dituding Berkasus, Massa Aksi Minta Jokowi Pecat Agus Gumiwang"  yang tayang pada Rabu, 17 Oktober kemarin.

Surat tersebut disampaikan Staf Khusus Menteri Sosial, Neil Iskandar. Ia mengajukan protes atas pemberitaan tersebut. Karena, berdasarkan keterangan dari Kepolisian RI pada hari itu (Rabu, 17/10) tidak ada aksi massa di depan Kementerian Sosial.

"Karena berita tersebut tidak benar sehingga kami merasa dirugikan," tulis Neil dalam hak jawab yang dikirimkan kepada redaksi rilis.id.

Namun, koordinator aksi tersebut, Teddy membenarkan bahwa aksi tersebut berlangsung pada Rabu, 17 Oktober. Namun, baru sebatas di depan gedung KPK Jakarta. Ia pun menjelaskan, awalnya memang akan melanjutkan ke Kemensos, tetapi batal.

"Karena, memang sudah sore dan macet. Jadi kami tidak melangsungkan aksi ke depan Kemensos," kata Teddy saat dihubungi rilis.id.

Tetapi, secara subtansi ia menilai, tuntutannya bukanlah sebuah informasi hoaks. Sebab, dugaan kasus pengemplangan pajak yang dilakukan Mensos Agus Gumiwang dikatakan benar, bahkan pernah dilaporkan KPK oleh lembaga Indonesia Club.

"Ini cuma karena panik saja, jadi cari kesalahan-kesalahan," ujarnya.

Namun, di luar masalah tersebut, pihak rilis.id menyampaikan permintaan maaf kepada pembaca lantaran telah salah menyampaikan informasi terkait tempat penyelenggaraan aksi. Di mana, baru berlangsung di depan KPK, belum sampai ke depan Kemensos.

Melalui berita ini, rilis.id juga akan memuat hak jawab Kemensos atas protes dari pemberitaan tersebut. Dengan judul, "Mensos Dituding Berkasus, Massa Aksi Minta Jokowi Pecat Agus Gumiwang".

Berikut isi dari surat hak jawab tersebut:

Jakarta, 21 Oktober 2018

Kepada Yth
Pemimpin Redaksi Rilis.id
Di Tempat

Perihal: Tuntutan Permohonan Maaf

Salam Hormat,
Sehubungan dengan berita berjudul "Mensos Dituding Berkasus, Massa Aksi Minta Jokowi Pecat Agus Gumiwang" yang muncul di Rilis.id pada Rabu, 17 Oktober 2018, kami, pihak Kementerian Sosial bertindak atas nama Menteri Sosial Bapak Agus Gumiwang Kartasasmita ingin mengajukan protes dan menuntut pihak Rilis.id memohon maaf dan memuat hak jawab. 

Karena berita tersebut tidak benar sehingga kami merasa dirugikan dengan pemberitaan tersebut. Berdasarkan keterangan dari Kepolisian RI pada hari tersebut tidak ada aksi massa di depan Kementerian Sosial seperti yang diberitakan alias hoax.

Kami menilai Redaksi Rilis.id lalai dalam melakukan check dan recheck sesuai yang diamanatkan Kode Etik jurnalistik. Oleh karena itu, kami meminta redaksi Rilis.id memohon maaf dan memuat hak jawab kami dan menautkannya pada berita yang sama sebagaimana diatur dalam poin 4b Pedoman Media Siber.  

Demikianlah surat ini kami sampaikan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No 40/1999  tentang Pers, Kode Etik jurnalistik dan Pedoman Media Siber. Kami percaya Rilis.id sebagai media yang menjunjung UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik akan memenuhi tuntutan kami ini.

Atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih. 

Salam,

 

Neil Iskandar

Staf Khusus Menteri Sosial


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID