logo rilis
Dear Preman, Tak Ada Tempat Bagimu di Jakarta Pusat!
Kontributor
RILIS.ID
08 April 2021, 13:13 WIB
Dear Preman, Tak Ada Tempat Bagimu di Jakarta Pusat!
Kapolrestro Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi./Ilustrasi Kalbi Rikardo/Rilis.id

RILIS.ID, Jakarta— Genderang perang terhadap premanisme ditabuh Polres Metro (Polrestro) Jakarta Pusat. Instansi ini menggaungkan slogan "zero premanisme" di wilayah hukumnya

Polrestro Jakarta Pusat berjanji akan melakukan penegakan hukum dengan memberikan implikasi preventif. Artinya memberikan "Detterence Effect” baik secara spesialis (pelaku) maupun masyarakat secara meluas tidak ikut cara-cara ini (preventif).

Kasatreskrim Polrestro Jakarta Pusat AKBP Burhanuddin mengatakan, dalam mewujudkan tekad Jakarta Pusat Zero Premanisme pihaknya tidak hanya akan menindak preman jalanan maupun oknum masyarakat yang berkedok untuk menakuti masyarakat lainya dengan jumlah masa yang banyak, tetapi juga otak pelaku yang menyuruh menggunakan kekerasan maupun intimidasi hingga penyandang dananya.

"Tekad kami wilayah Jakarta Pusat 'Zero Premanisme'. Terhadap aksi premanisme akan kami tindak bukan hanya pelaku lapangan, melainkan aktor di belakangnya, termasuk penyokong dana," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Rilis.id, Rabu (7/4/2021).

Sementara, Kapolrestro Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi mengatakan, pihaknya akan selalu mengakomodir setiap pelaporan masyarakat. Polrestro Jakarta Pusat akan menindak secara tegas aksi-aksi atau tindakan premanisme maupun pelanggaran hukum lainnya yang bertentangan dengan hukum atau undang-undang termasuk dengan mengatas namakan mafia tanah.

"Kami akan proses secara tuntas pihak-pihak di balik aksi tersebut dan yang mendanai kegiatan melawan hukum," tegas perwira menengah polisi asal Lampung tersebut.

Masyarakat juga diimbau segera melaporkan jika menemukan ataupun menjadi korban premanisme, mafia tanah, dan segala bentuk kejahatan dan gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polrestro Jakarta Pusat.

"Kami berjanji akan menegakkan hukum secara tegas tanpa tebang pilih serta tetap memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat," janji Hengki.

Hal tersebut, imbuh dia, sesuai arahan dan kebijakan pimpinan yaitu Kapolri, dan Kapolda Metrojaya, dengan melakukan langkah-langkah penegakan hukum dan upaya humanis dalam menghadapi pandemi Covid-19 khususnya di wilayah hukum Polrestro Jakarta Pusat.

"Tindakan premanisme  menimbulkan keresahan di masyarakat. Kami bertindak berdasarkan keresahan masyarakat, oleh karenanya kami berusaha menghilangkan 'Fear Of Crime' yang ada di masyarakat," pungkasnya.(*)

Editor: Wirahadikusumah


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)


2020 | WWW.RILIS.ID