logo rilis
Darurat Lahan Pangan, Ketua DPD RI Desak Pemerintah Atasi
Kontributor
RILIS.ID
22 Februari 2021, 22:49 WIB
Darurat Lahan Pangan, Ketua DPD RI Desak Pemerintah Atasi
AA La Nyalla Mahmud Mattalitti. FOTO: RILIS.ID

RILIS.ID, Jawa Timur— Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti, mendesak pemerintah mengatasi darurat lahan pangan.

Hal ini disebabkan setiap tahun terjadi alih fungsi lahan sawah menjadi bukan sawah hingga ratusan ribu hektare (ha).

"Saya merasa miris atas kondisi tersebut," kata La Nyalla saat melakukan reses, di Jawa Timur (Jatim), Senin (22/2/2021).

Menurut dia, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menghentikan alih fungsi lahan, utamanya di kawasan lahan pangan seperti pertanian, perkebunan, dan perikanan.

Kedua, merehabilitasi kawasan lahan pangan yang mengalami kerusakan. Ini dimaksudkan agar lahan pangan tersebut dapat kembali berproduksi sesuai dengan fungsinya.

Ketiga, pemerintah harus sesegera mungkin mencetak lahan pangan baru. Masih banyak wilayah yang bisa dimaksimalkan sebagai lahan baru untuk areal pangan, baik sawah, perkebunan, maupun perikanan.

Keempat, ia meminta pemerintah mengidentifikasi wilayah di seluruh Indonesia karena hal itu penting untuk memetakan mana wilayah produktif untuk pertanian, permukiman, industri, dan lain sebagainya.

Terakhir, pemerintah perlu menetapkan lahan pangan abadi baik di perkotaan maupun perdesaan. Beberapa wilayah, menurut La Nyalla telah melakukannya.

"Lahan pangan abadi ini penting, agar rencana pembangunan tidak membabi-buta memberangus sektor-sektor yang menjadi hajat hidup orang banyak. Sebagai pelindung agar lahan pangan tak tergusur pembangunan," kata La Nyalla, seperti dikutip Antara. (*)

Editor: gueade


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)


2020 | WWW.RILIS.ID