CBA: Proyek 'Cleaning Services' Kemenag Berpotensi Merugikan Negara - RILIS.ID
CBA: Proyek 'Cleaning Services' Kemenag Berpotensi Merugikan Negara

Minggu | 20/05/2018 20.22 WIB
CBA: Proyek 'Cleaning Services' Kemenag Berpotensi Merugikan Negara
Gedung Kementerian Agama di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. FOTO: bimasislam.kemenag.go.id

RILIS.ID, Jakarta – Center for Budget Analysis (CBA) mengkritisi proyek pemeliharaan gedung Kementerian Agama (Kemenag). Disinyalir proyek tersebut berpotensi menimbulkan kerugian negara Rp723 juta.

"Kami juga mencatat adanya potensi kerugian negara terkait proyek cleaning service sebesar Rp723 juta," ujar Koordinator Investigasi CBA, Jajang Nurjaman, dalam keterangan tertulis yang diterima rilis.id di Jakarta, Minggu (20/5/2018).

Potensi kerugian negara muncul akibat persaingan tidak sehat. Kemudian, nilai proyek yang diajukan pemenang lelang lebih tinggi dibanding penawar lainnya.

"Harga yang diajukan perusahaan itu sebesar Rp6,7 miliar. Angka ini, jauh lebih mahal jika dibandingkan tawaran perusahaan lain senilai Rp6,6 miliar," katanya.

Apalagi, imbuhnya, proyek itu selalu dimenangkan oleh salah satu perusahaan yang berkantor di Jakarta Pusat. Bila dikalkulasi sejak 2016, anggaran proyek tersebut mencapai Rp17.024.145.325.

"Perusahaan tersebut bisa dibilang sangat beruntung, sama halnya dengan 200 penceramah yang kebetulan masuk list Kemenag," tandas Jajang.


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID