Cara Sederhana Ajarkan Kebaikan pada Anak - RILIS.ID
Cara Sederhana Ajarkan Kebaikan pada Anak
Ning Triasih
Rabu | 07/03/2018 17.30 WIB
Cara Sederhana Ajarkan Kebaikan pada Anak
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta – Menjadi contoh dan panutan bagi anak bisa dilakukan dengan berbagai cara. Namun, mencari cara yang mudah dan terarah itulah yang tak mudah.

Tugas orang tua tentu harus bisa menuntun dan menanamkan nilai-nilai terbaik kehidupan. Tapi, bagaimana caranya?

Melansir dari Allwomenstalk, berikut beberapa cara sederhana untuk jadi panutan bagi anak:

Ramah dengan orang lain

Berusahalah untuk selalu ramah dengan orang lain, tunjukkan hal itu di depan anak. Ini adalah salah satu cara termudah untuk menjadi teladan bagi anak Anda. Tindakan baik sederhana ini akan selalu diingat anak ketika mereka dewasa dan tak menutup kemungkinan menirunya.

Hewan peliharaan

Hewan peliharaan adalah salah satu cara menunjukkan dan mengajari anak untuk bersikap baik, terlebih merawat seseorang ketika membutuhkan pertolongan. Anda bisa melibatkan anak dalam merawat peliharaan setiap hari. Dengan begitu, Anda akan mengajari mereka nilai tentang kewajiban merawat semua makhluk hidup.

Bacakan buku

Cara untuk menyalakan imajinasi anak adalah dengan sesering mungkin membacakan mereka buku. Anda bisa membaca buku cerita menjelang tidur. Ini akan membuka pintu anak ke dunia lewat cerita. Mereka akan melihat Anda sebagai penjaga pintu menuju dunia fantasi dan imajinasi yang baru.

Bersenang-senang

Mengasuh anak tentu bukan pekerjaan mudah. Namun, itu bukan berarti Anda tak bisa bersenang-senang dengan mereka. Karenanya, Anda harus selalu menjadi sumber kebahagiaan mereka. Cara ini akan membuat anak akan selalu menganggap Anda sebagai salah satu tokoh dan teladan terpenting dalam hidupnya.

Teman

Anda perlu menunjukkan teman-teman terbaik Anda di depan anak. Ini untuk mengajarkan anak bahwa teman dekat adalah salah satu aset berharga dalam hidup. 


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID