logo rilis
Cabut Darurat Sipil, Kini Jokowi Tetapkan Status Darurat Kesehatan untuk COVID-19
Kontributor
Nailin In Saroh
31 Maret 2020, 20:00 WIB
Cabut Darurat Sipil, Kini Jokowi Tetapkan Status Darurat Kesehatan untuk COVID-19
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supartman

RILIS.ID, Jakarta— Presiden RI Joko Widodo menetapkan status kadaruratan kesehatan masyarakat menyusul semakin gawatnya wabah virus corona jenis baru atau COVID-19 di Indonesia. Ketetapan baru ini sekaligus menganulir penetapan status darurat sipil yang dicetuskannya kemarin. 

"Pemerintah telah menetapkan COVID-19 sebagai jenis penyakit dengan faktor risiko yang menimbulkan kedaruratan kesehatan masyarakat. Dan oleh karenanya pemerintah menetapkan status kedaruratan kesehatan masyarakat," ujar Jokowi dalam konferensi pers di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (31/3/2020).

Sementara, Jokowi tetap memilih opsi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) terkait pandemi COVID-19 di Tanah Air. Kebijakan ini pun sudah diambil dari rapat terbatas kemarin.

"Untuk mengatasi dampak wabah tersebut, saya telah memutuskan dalam rapat kabinet, opsi yang kita pilih adalah pembatasan sosial berskala besar atau PSBB," jelas Jokowi.

PSBB ini ditetapkan oleh menteri kesehatan yang berkoordinasi dengan Gugus Tugas Penanganan COVID-19, dengan landasan hukum UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

"Sesuai UU, PSBB ditetapkan Menteri Kesehatan yang berkoordinasi dengan Kepala Gugus Tugas COVID-19 dan kepala daerah, ini berdasarkan UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan," tegas Jokowi. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah menetapkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar dalam menghadapi penyebaran virus corona atau COVID-19 yang didampingi oleh kebijakan darurat sipil.

"Tadi sudah saya sampaikan bahwa perlu didampingi adanya kebijakan darurat sipil," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas membahas laporan Gugus Tugas Penanganan Corona lewat video conference, Senin, (30/3/2020).




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID