BNN, Polri, TNI dan Bea Cukai Diimbau Kerja Sama Ungkap Penyelundupan Narkoba - RILIS.ID
BNN, Polri, TNI dan Bea Cukai Diimbau Kerja Sama Ungkap Penyelundupan Narkoba

Sabtu | 24/02/2018 12.30 WIB
BNN, Polri, TNI dan Bea Cukai Diimbau Kerja Sama Ungkap Penyelundupan Narkoba
Pengungkapan Narkoba Jaringan Internasional / Narkotika / Sabu. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta – Anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Andrea H Poeloengan menilai, penanganan narkoba tidak bisa dilakukan secara terpisah oleh masing-masing instansi. Ini lantaran, dia menduga adanya adu cepat antarinstansi untuk menangkap masuknya narkoba dalam kuantitas yang besar.

"Kami lihat enggak bisa Bea Cukai sendiri, BNN sendiri, Polri sendiri. Jadi penanganannya enggak bisa sendiri-sendiri. BNN walau bekerja dapat sekian ton lalu enggak lama Polda Metro dapat jumlah sekian ton. Tapi kok ini muncul, ini muncul nah kenapa enggak bersama-sama," katanya dalam diskusi bertema "Darurat Narkoba" di Menteng, Jakarta, Sabtu (25/2/2018).

Ia menyebut, peredaran narkoba di Indonesia sudah dalam status gawat. Terlebih hal itu merupakan kejahatan luar biasa. Sehingga menurutnya, tidak bisa dilakukan sendirian oleh instansi berwenang.

"Masalah yang dihadapi kejahatan terorganisir. Kami menilai perlu kordinasi kerjasama yang lebih baik lagi," ungkap Andrea.

Sebelumnya, banyak penyelundupan narkoba yang berhasil digagalkan akhir-akhir ini. Pada awal Februari misalnya, Aparat TNI AL berhasil mengamankan kapal berbendera Singapura, Sunrise Glori, yang membawa sekitar satu ton sabu-sabu di Perairan Selat Philips, berdekatan dengan perairan Kota Batam, Kepulauan Riau.

Pada 20 Februari 2018, Satgas Gabungan Direktorat Tindak Pidana Narkotika Bareskrim Polri dan Bea Cukai berhasil menggagalkan penyelundupan sabu seberat 1,8 ton di Perairan Kepulauan Riau. 

Editor Elvi R


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID