Bikin Rusak Hingga Infeksi Jamur, Akali dengan Ini jika Terpaksa Tidur dengan Rambut Masih - RILIS.ID
Bikin Rusak Hingga Infeksi Jamur, Akali dengan Ini jika Terpaksa Tidur dengan Rambut Masih
Nailin In Saroh
Minggu | 05/07/2020 19.07 WIB
Bikin Rusak Hingga Infeksi Jamur, Akali dengan Ini jika Terpaksa Tidur dengan Rambut Masih
Ilustrasi tidur dengan rambut basah. ILUSTRASI: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta – Seorang dokter sekaligus pendiri Push Health, sebuah platform perawatan kesehatan online, Dr. Chirag Shah, MD, mengatakan tidur dengan rambut basah tidak akan membuat pilek. Namun kata dia, tidur dengan rambut masih basah bisa meningkatkan risiko terkena infeksi jamur di kulit kepala.

Shah pun merekomendasikan untuk tidur dengan rambut kering jika memungkinkan.

"Jamur, seperti Malassezia, dapat menyebabkan kondisi seperti ketombe atau dermatitis," ujar Shah seperti dilansir Healthline. 

Menurut Shah, selain hadir secara alami di kulit kepala, ternyata bantal juga bisa menjadi sarang untuk jamur. Ia mengatakan makhluk hidup ini tumbuh subur di lingkungan yang hangat dan sarung bantal basah beserta bantalnya memberikan tempat berkembang biak yang ideal.

Sebuah penelitian menemukan, ada 4-16 spesies jamur di bantal yang diuji, termasuk Aspergillus fumigatus, spesies jamur umum yang menyebabkan infeksi parah pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah. Jamur ini juga dapat memperburuk gejala asma.

Selain terkena infeksi jamur, tidur dengan rambut basah juga bisa merusak rambut. “Rambut paling lemah saat basah. Risiko utama (selain yang kosmetik) kerusakan rambut saat tidur," kata Dr. Adarsh ??Vijay Mudgil, MD, ahli dermatologi di New York. 

Namun, jika terpaksa tidur tanpa bisa terlebih dulu mengeringkan rambut, ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar rambut tidak rusak dan muncul masalah kesehatan lainnya.

1. Oleskan minyak kelapa ke rambut Anda

Ada bukti minyak kelapa melindungi rambut basah dari kerusakan. Saat basah, rambut menyerap air dan rentan terhadap kerusakan. Minyak kelapa mengurangi jumlah air yang diserap sehingga mengurangi risiko rusak.

Namun, mengoleskan minyak pada rambut tidak disarankan jika Anda menderita eksim seboroik, karena minyak kelapa dapat memperburuk keadaan.
 

2. Gunakan kondisioner

Kondisioner membantu menutup kutikula rambut, mengurangi gesekan. Rambut yang dibleaching atau mendapatkan perawatan bahan kimia dapat memperoleh manfaat lebih penggunaan kondisioner.

Hilangkan air dari rambut sebisa mungkin. Semakin sedikit air di rambut Anda, semakin meminimalisir kerusakan yang terjadi. Pastikan (dengan lembut) mengurai rambut Anda sebelum tidur untuk membantu menghindari tekanan ekstra pada rambut Anda.
 

3. Sarung bantal sutra 

Menggunakan sarung bantal berbahan sutra bisa membantu untuk tidur dengan rambut yang belum kering.

Ada beberapa bukti tidur di atas sarung bantal sutra lebih baik untuk kulit karena tak kering dan memberikan permukaan tanpa gesekan.

Meskipun tidak ada bukti manfaatnya untuk rambut, permukaan yang lebih lembut juga dapat membantu mengurangi kerusakan jika Anda tidur dengan rambut Anda basah atau kering, dalam hal ini. 

 

Sumber Antara


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID