logo rilis
Besok, Giliran Pemda Wilayah III Terima Rapor SAKIP
Kontributor
Tio Pirnando
12 Februari 2018, 23:07 WIB
Besok, Giliran Pemda Wilayah III Terima Rapor SAKIP
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Asman Abnur. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Asman Abnur, berencana menyerahkan hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemeritah (SAKIP) 2017 kepada pemerintah daerah (pemda) wilayah III. Penyerahan SAKIP dijadwalkan digelar di Yogyakarta, Selasa (13/2/2018) besok.

"Ini menyusul kegiatan serupa untuk wilayah I di Batam dan wilayah II di Nusa Dua, Bali," ujar Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik (HKIP) Kemenpan-RB, Herman Suryatman, dalam keterangan tertulis yang diterima rilis.id di Jakarta, Senin (12/2).

Pada kesempatan tersebut, rencananya Kedeputian Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan (RB Kunwas) Kemenpan-RB, akan memberikan coaching clinic, Rabu (14/2). Ada juga sesi berbagi (sharing session) oleh kepala daerah. Gubernur Yogyakarta, Bupati Banggai, dan Wali Kota Manado, di antaranya.

Herman menambahkan, hasil evaluasi SAKIP putaran ketiga meliputi 163 pemerintah kabupaten/kota dan 12 pemerintah provinsi (pemprov). Ke-12 provinsi itu, Jawa Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Dia mengingatkan, evaluasi SAKIP bukan dalam rangka mengompetisikan instansi pemerintah. Namun, memetakan tingkat implementasi manajemen kinerja masing-masing lembaga negara.

"Nanti, Kementerian PAN-RB juga memberikan rekomendasi mengenai hal-hal yang perlu diperbaiki oleh setiap pemda sesuai dengan kondisi masing-masing," tandas Herman.

Editor:




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID