logo rilis
Beri bantuan APD ke 79 RS, Ketua MPR Dorong Pemerintah Gencarkan Test Swab
Kontributor
Nailin In Saroh
28 April 2020, 16:55 WIB
Beri bantuan APD ke 79 RS, Ketua MPR Dorong Pemerintah Gencarkan Test Swab
Baju Alat Pelindung Diri (APD). FOTO: RILIS.ID/Panji Satria

RILIS.ID, Jakarta— Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) bersama Relawan Empat Pilar, Gerakan Keadilan Bangun Solidaritas (GERAK BS) dan PT Binabakti Niaga Perkasa mengirimkan ribuan bantuan APD yakni Thermo Gun, Masker Media N95 dan masker kain kepada 79 rumah sakit di berbagai wilayah Indonesia.

Pengiriman bantuan dilakukan sejak kemarin, Senin (27/4) ke 79 Rumah Sakit di seluruh Indonesia. Mulai dari Aceh 3 RS, Bali 6 RS, Jakarta 20 RS, Jawa Barat 14, Jawa Tengah 9 RS, Kalimantan Barat 3 RS, Kalimantan Selatan 6 RS, Lampung 3 RS, NTB 3 RS, NTT 5 RS, Riau 1 RS, Sulawesi Selatan 3 RS hingga Sulawesi Utara 3 RS.

"Tak hanya dokter dan tenaga kesehatan di Indonesia yang kekurangan APD maupun penunjang kesehatan. Pun demikian di rumah sakit di berbagai belahan negara dunia lainnya," kata Bamsoet, Selasa, (28/4/2020).

Bamsoet mengatakan ratusan tenaga medis meninggal akibat COVID-19 di dunia dan puluhan ribu tenaga medis yang terinfeksi. Salah satu penyebabnya lantaran keterbatasan APD.

"Karena itu, ikhtiar kecil ini kita lakukan guna menyelamatkan para dokter dan tenaga kesehatan, yang sedang berjuang di garis terdepan melawan COVID-19," pungkas Bamsoet.

Selain itu, mantan ketua DPR ini juga mendorong pemerintah untuk lebih menggencarkan test swab, tak hanya sekadar rapid test yang hanya mendeteksi adanya antibodi di tubuh seseorang.

Berdasarkan worldometer, tingkat swab di Indonesia terbilang rendah, yakni hanya 75.157, dengan tingkat kasus postif mencapai 9.096 dan kasus meninggal hingga 765.

Bamsoet mengatakan, India bisa melakukan test swab warganya hingga 665.819, Rusia bahkan hingga 3.019.234.

"Kita masih kalah dengan Singapura yang melakukan test swab terhadap 121.774 warga maupun Vietnam yang melakukan test terhadap 212.965 warga," imbuh politikus Golkar itu.

Untuk itu, di tengah pandemi yang melanda Indonesia, dia berharap semakin besar test swab yang dilakukan akan semakin memudahkan kerja dokter dan tenaga kesehatan.

"Hal itu juga sekaligus menunjukan keseriusan pemerintah dalam menangani COVID-19 di Indonesia," pungkas Bamsoet. 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID