Begini Kesaksian Pasien di Jatim yang Berhasil Sembuh Lawan Corona - RILIS.ID
Begini Kesaksian Pasien di Jatim yang Berhasil Sembuh Lawan Corona
Zulhamdi Yahmin
Rabu | 15/04/2020 22.30 WIB
Begini Kesaksian Pasien di Jatim yang Berhasil Sembuh Lawan Corona
Pasien berinisial D yang sembuh dari COVID-19. FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta – Pemerintah Kota Batu, Jawa Timur, merilis sebuah video yang menampilkan seorang mantan pasien virus corona atau COVID-19. Dalam video itu seorang pasien tersebut memberikan kesaksian tentang bagaimana cara untuk melawan virus yang pertama kali merebak di Wuhan, Cina tersebut.

Mantan pasien COVID-19 berinisial D itu mengatakan, salah satu kunci untuk bisa sembuh dari COVID-19 adalah tetap semangat dan selalu berpikir positif.

"Kesembuhan itu tergantung dari cara berpikir kita. Maka dari itu, berpikirlah positif, dan tetap semangat," katanya, Rabu (15/4/2020). 

D menjelaskan, ia pada 17 Maret lalu bersama rekan-rekannya yang bekerja di salah satu hotel di Kota Batu, Jawa Timur, didatangi tim medis dari Dinas Kesehatan Kota Batu untuk dilakukan pengecekan kesehatan.

 Saat itu, ia mengaku mengalami batuk ringan, satu minggu lalu. Tim medis melakukan rapid test, dan juga swab.

"Pada saat itu, saya mengatakan satu minggu yang lalu mengalami batuk ringan. Kemudian saya diminta rapid test dan swab," kata D.

Pada 27 Maret 2020, lanjut D, tim Dinas Kesehatan Kota Batu menelepon dan menyatakan ingin berkunjung ke tempat tinggal D. Saat berada di kediaman D, tim Dinas Kesehatan, menginformasikan bahwa D positif terjangkit COVID-19.

"Pada awalnya saya sangat terkejut dan panik. Karena selama ini tidak ada gejala serius, hanya batuk ringan," ungkap D.

Dalam kondisi panik dan terkejut, D menghubungi salah seorang anggota keluarganya dan menginformasikan bahwa dirinya positif terjangkit virus Corona. Saat itu, kakak D, juga terkejut, namun tetap memberikan semangat kepadanya.

"Kata-kata kakak saya itu yang membuat saya semangat dan bisa berpikir positif," kata D.

Selama dalam masa perawatan, D juga banyak dibantu dan diberikan semangat oleh tim medis yang bertugas menangani pasien COVID-19 di Kota Batu. D mengatakan, dengan berpikir positif dan tetap semangat itulah yang membuatnya mampu melawan COVID-19.

D juga mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap berada di rumah selama pandemi COVID-19, dan terus mentaati imbauan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

"Bagi yang terjangkit COVID-19, semoga lekas sembuh. Buatlah diri kalian selalu bahagia, jangan sampai imunitas turun, dan tetapi berpikir positif," kata D.

D dinyatakan sembuh pada Sabtu (11/4/2020) setelah menjalani swab terakhir. Hasil uji laboratorium D menyebutkan bahwa perempuan yang bekerja di salah satu hotel yang ada di Kota Batu, Jawa Timur itu telah sembuh atau negatif COVID-19.

Di Kota Batu, tercatat ada dua pasien yang teridentifikasi positif COVID-19, dimana satunya adalah D.

Selain itu, tercatat terdapat 252 orang berstatus Orang Dalam Risiko (ODR), 34 Orang Tanpa Gejala (OTG), 47 Orang Dalam Pemantauan (ODP), dan sembilan orang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP).


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID