Bawaslu Antisipasi Pelibatan ASN dalam Pilkada - RILIS.ID
Bawaslu Antisipasi Pelibatan ASN dalam Pilkada

Selasa | 19/12/2017 21.06 WIB
Bawaslu Antisipasi Pelibatan ASN dalam Pilkada
FOTO: Humas Bawaslu

RILIS.ID, Jakarta— Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rahmat Bagja mengaku sedang menyiapkan langkah untuk menanggulangi potensi pelanggaran yang akan dilakukan calon petahana.

Bagja melihat, potensi melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) saat kampanye kepala daerah sangat rentan dilakukan. Menurut dia, hal ini menjadi fokus Bawaslu untuk menutup kemungkinan pelanggaran bisa dilakukan oleh calon petahana.

"Di antara yang menjadi fokus kita adalah soal dana kampanye, pelanggaran oleh patahana atau ASN. Misalnya mantan Sekretaris Daerah (Sekda) yang maju biasanya melibatkan ASN itu yang harus diwaspadai," kata Bagja di Royal Kuningan Hotel, Jakarta Selatan, Selasa (19/12/2017).

Lebih jauh dia menuturkan, Bawaslu sudah menyiapkan langkah untuk meminimalisair potensi tersebut.

Bawaslu ditingkat daerah, kata Bagja, juga sudah melakukan antisipasi dengan mengirim surat pada calon petaha agar mawas diri dan tidak melibatkan ASN dalam kegiatan politiknya.

"Langkahnya menanganinya kita akan bekerja sama dengan komisi aparatur negara. Kita panitia pengawas juga memberikan surat kepada calon petahana untuk berhati-hati," pungkas Bagja.


Tags
#Bawaslu
#ASN
#Kampanye Papol
Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID