Bappenas Urus Danau untuk Kesejahteraan Rakyat - RILIS.ID
Bappenas Urus Danau untuk Kesejahteraan Rakyat

Rabu | 10/05/2017 16.35 WIB
Bappenas Urus Danau untuk Kesejahteraan Rakyat
Revitalisasi danau terus dilakukan. FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Perlu terobosan dalam mengatasi permasalahan lingkungan di kawasan ekosistem danau sehingga pemanfaatannya selaras dengan pembangunan berkelanjutan.

Pernyataan itu dikemukakan Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dalam Lokakarya Nasional Pengelolaan Danau Berkelanjutan: Sinergi Program dan Peran para Pemangku Kepentingan di Jakarta, Rabu (10/5/2017).

Pemanfaatan ekosistem danau di Indonesia semakin meningkat,kata Bambang, sejalan dengan pertumbuhan penduduk yang saat ini telah mencapai 250 juta orang.

Namun, pemanfaatan danau dan kawasan di sekitarnya yang kurang terkendali menyebabkan kondisi ekosistem danau mengalami degradasi yang semakin berat.

"Untuk itu, diperlukan pengelolaan danau terpadu yang berbasis pada pendekatan holistik dari aspek ekonomi, sosial, budaya, tata ruang, dan lingkungan," ujar Bambang.

Menurut Bambang, baik secara regulasi maupun kelembagaan, belum ada institusi yang bisa disebut sebagai leading sector dalam pengelolaan danau. "Danau dikelola terbatas secara parsial sebagai bagian dari tugas masing-masing institusi negara, baik di level pusat maupun daerah sesuai regulasi sektoral," ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah berupaya menyusun Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Danau sebagai turunan dari Undang-Undang No.7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air.

Namun, seiring dengan dibatalkannya undang-undang tersebut melalui Keputusan Mahkamah Konstitusi Nomor 85/PUU-XI/2013, maka proses penyusunan peraturan danau tersebut otomatis ikut terhenti karena payung hukum yang digunakan tidak berlaku lagi.


Tags
#bappenas
#danau
#ekonomi
Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID