logo rilis
Bantu Korban Gempa Lombok, Kemenkes Kirim 87 Tenaga Kesehatan
Kontributor

06 Agustus 2018, 17:00 WIB
Bantu Korban Gempa Lombok, Kemenkes Kirim 87 Tenaga Kesehatan
Korban gempa di Lombok, NTB. FOTO: Instagram

RILIS.ID, Mataram— Sebanyak 87 tenaga kesehatan yang berasal dari pemerintah pusat, perguruan tinggi dan rumah sakit daerah dikerahkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dalam upaya tanggap gempa bumi berkekuatan 7,0 Skala Richter di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Minggu (5/8/2018) malam.

Tenaga kesehatan yang dikirim adalah dokter spesialis bedah umum, bedah ortopedi, bedah toraks, spesialis anestesi, dokter umum dan perawat.

Tenaga kesehatan yang dikirim ini berasal dari Kementerian Kesehatan, RSUP Sanglah Denpasar Bali, Universitas Hasanuddin, Universitas Gajah Mada dan Universitas Airlangga, kata data Kemenkes yang dikutip di Jakarta, Senin (6/8/2018).

Kemenkes menyebutkan, RSUD Tanjung rumah sakit satu-satunya di Kabupaten Lombok Utara yang merupakan wilayah terdampak paling parah, rusak dan menyebabkan fasilitas pelayanan kesehatan di sana lumpuh.

Namun, tim kesehatan gabungan dari Batalyon Kesehatan Kostrad dan Marinir, RSUP Sanglah dan UGM memberikan dukungan pelayanan kesehatan untuk wilayah Lombok Utara.

RSUD Mataram di Kota Mataram juga mengalami kerusakan akibat gempa. 

Hanya saja, pelayanan kesehatan di RSUD Mataram masih bisa berjalan dengan baik. 

Rumah Sakit Provinsi NTB yang mengalami kerusakan belum bisa digunakan untuk operasi atau bedah. 
Pasien ditempatkan di halaman gedung dengan menggunakan tenda.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pemutakhiran pukul 10.00 WIB, terdapat 91 korban meninggal dunia dan 200 luka berat.
 


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)


2020 | WWW.RILIS.ID