Bahas Rohingya, Parlemen Indonesia Berseteru dengan Delegasi Myanmar - RILIS.ID
Bahas Rohingya, Parlemen Indonesia Berseteru dengan Delegasi Myanmar

Selasa | 19/09/2017 14.39 WIB
 Bahas Rohingya, Parlemen Indonesia Berseteru dengan Delegasi Myanmar
Fadli Zon, Ketua Delegasi Parlemen Indonesia dalam ASEAN Inter-Parliamentary Assembly. FOTO: Humas DPR

RILIS.ID, Manila— Sidang Umum Umum ke-38 ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) di Manila, Filipina, 15-19 September 2017, menghadapkan delegasi Indonesia dan Myanmar. Delegasi Myanmar protes atas draf resolusi Rohingya yang dibuat Indonesia sehingga sidang diskors.

Ketua Delegasi Indonesia yang juga Wakil Ketua DPR Fadli Zon meminta parlemen negara-negara ASEAN bersikap tegas atas tragedi kemanusiaan yang menimpa etnis Rohingya di Myanmar. 

“Kami sebenarnya sangat terbuka kepada Myanmar untuk mengkoreksi dan memperbaiki draf resolusi itu, jika mereka keberatan dengan redaksi awal yang kami bawa. Jika mereka keberatan dengan nada kecaman terhadap aksi kekerasan atas etnis Rohingya, kami telah mengusulkan untuk memperlunak resolusi tersebut menjadi resolusi atas krisis kemanusiaan di Myanmar," papar Fadli Zon dalam siaran pers yang diterima rilis.id, Selasa (19/9/2017).

"Mereka menolak juga. Mereka mengatakan tidak ada krisis kemanusiaan di Myanmar,” sambung Fadli Zon.

Parlemen Indonesia, kata politisi Gerindra ini, mencoba mencari jalan tengah dengan menawarkan rancangan resolusi yang dimodifikasi menjadi isu humanitarianism di Asia Tenggara. Namun delegasi Myanmar tetap menolak. 

"Bahkan usulan Presiden AIPA, Pantaleon D. Alvarez, agar delegasi parlemen Myanmar membuat draf resolusi sendiri atas isu Rohingya pun tidak mendapat persetujuan dari pihak Myanmar," ujarnya.


Tags
#rohingya
#muslim rohingya
#genosida muslim rohingya
#myanmar
#sidang aipa
Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2020 | WWW.RILIS.ID